ANDA yang pernah sakit gigi, pasti mengakui bahwa penyakit yang satu ini sangat menyiksa. Rasa sakit bisa berlangsung lama dan membuat orang jadi susah untuk makan, terutama yang manis, terlalu panas atau dingin.

Cobalah cara sederhana ini untuk meredakan rasa sakit bila belum ada kesempatan pergi ke dokter gigi.

1. Campuran lada dan garam

Campuran lada dan garam adalah pengobatan ampuh untuk sakit gigi karena keduanya memiliki zat antibakteri, antiperadangan, dan juga zat analgesik lain. Kedua bahan itu bisa dibuat berbentuk pasta dan digunakan untuk menyikat gigi setiap hari untuk mengurangi rasa sakit.

2. Cengkeh

Pilihlah cengkeh yang sudah masak dan mengandung antibakteri, antiperadangan, dan zat anestetik lain yang bisa membantu melawan rasa sakit dan infeksi. Oleskan minyak cengkeh dengan kapas ke gigi yang sakit, atau bisa juga campurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan air dan digunakan untuk berkumur.

3. Air garam hangat

Segelas air hangat yang dicampur garam adalah cara termudah dan tercepat untuk mengurangki rasa sakit di gigi dan membantu meredakan radang serta melawan bakteri penyebab infeksi.

4. Hindari temperatur ekstrem

Sikat gigi dengan air hangat dan hindari temperatur ekstrem. Lubang bisa membuat gigi lebih sensitif, jadi usahakan hindari makanan yang terlalu dingin seperti es krim dan es lainnya, minuman yang terlalu dingin atau panas, karena akan menambah rasa sakit di gigi.

5. Obat batuk

Obat atau permen untuk mengatasi batuk biasanya mengandung sejumlah kecil zat anestetik seperti mentol atau benzokain yang bisa mengurangi rasa sakit yang tak terlalu parah. Untuk permen, jangan digigit tapi dikulum selama mungkin.

6. Obat gosok

Oleskan obat gosok yang biasa digunakan untuk meredakan flu di area pipi yang terdekat dengan gigi yang sakit. Letakkan tisu di bantal dan berbaringlah dengan sisi yang sakit di atas bantal. Cara ini bisa dengan cepat mengurangi rasa sakit meski tidak lama.***