JAKARTA - Sudah menjadi hal yang lumrah seseorang yang belum berusia 30 tahun, hidup dalam kebiasaan senang-senang dan konsumtif. Tapi ingat, jika kebiasaan ini berlarut hingga memasuki usia 30 tahun atau lebih, akan menjadi 'malapetaka' bagi Anda. 

Pastinya, sebelum berusia 30 tahun, Anda mungkin belum memiliki tujuan jelas, khususnya dalam mengatur keuangan. Apalagi belum punya tanggungan.

Karena itu, sebelum memasuki usia 30 tahun, alangkah baiknya mulai sekarang Anda mengatur perencanaan keuangan sendiri. Kalau jatuh dan bangkit merencanakan keuangan ketika sebelum usia 30 tahun, itu hal biasa. Tapi kalau sudah usia 30 tahun atau lebih, ini yang bahaya. Nah, dari sekarang mulailah berpikir untuk itu.

Mengutip laman Time, Minggu (5/6/2016) Perencana Keuangan Michael Solari menuturkan ada sejumlah cara dan hal yang dapat dilakukan untuk merencanakan keuangan ketika berusia 30 tahun.

Cara ini agar mempersiapkan masa depan lebih baik.

1. Tingkatkan Dana Pensiun

Solari menuturkan, salah satu hal penting ketika berusia 30 tahun dengan meningkatkan dana pensiun. Jika penghasilan Anda meningkat, sebaiknya juga diikuti dengan kontribusi dana
pensiun.

2. Beli Asuransi Yang Dibutuhkan

Secara umum ada berbagai macam asuransi mulai dari kesehatan, jiwa dan properti. Akan tetapi, ada salah satu hal penting untuk menyiapkan keuangan saat usia 30 tahun dengan membeli asuransi tepat untuk Anda.

Anda bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan atau melakukan riset untuk mendapatkan asuransi yang diinginkan.

3. Siapkan Tujuan Keuangan

Solari menuturkan bila Anda tidak memiliki tujuan keuangan maka tidak ada kemajuan untuk menyiapkan perencanaan keuangan. Ketika berusia 30 tahun biasanya ada dana lebih besar
dihabiskan untuk rumah, mobil dan anak. Akan tetapi, Anda juga perlu menyiapkan tabungan yang sesuai dengan tujuan keuangan.

4. Beli Rumah

Jika Anda berencana beli rumah, dan itu menjadi salah satu tujuan tabungan Anda, maka Anda sebaiknya menyiapkan dana lebih besar sekitar 20 persen untuk down payment rumah.

5. Siapkan Dana untuk Anak

Bila Anda sudah menikah, dan berencana ingin memiliki anak maka perlu memikirkan untuk memiliki tabungan. Hal itu mengingat membesarkan anak juga membutuhkan biaya besar terutama biaya pendidikan. Anda pun perlu menyimpan dana sedari awal untuk
biaya pendidikan anak.***