Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Telinga Tersumbat, Lakukan Ini

Telinga Tersumbat, Lakukan Ini
ilustrasi
Minggu, 05 Juni 2016 09:16 WIB

PEKANBARU - Walaupun Dianggap masalah umum, namun telinga tersumbat tetap merupakan kondisi yang tidak diinginkan setiap orang karena adanya rasa ketidaknyamanan pada telinga. Dan kondisi ini jangan dianggap enteng.

Gejala ini dapat meningkat dan memengaruhi kemampuan pendengaran seseorang. Lebih parahnya lagi, beberapa orang mengalami pendarahan atau keluarnya cairan lainnya dari telinga.

Terkadang, kondisi seperti ini dapat membuat orang menjadi marah karena kesulitan untuk mendengarkan. Biasanya penyebab utamanya adalah karena penyumbatan atau peradangan pada tabung eustachio. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami flu, kongesti sinus, dan lainnya.

Laman Boldsky membahas tentang bagaimana trik mudah untuk membersihkan telinga tersumbat yang dapat dibuat sendiri. Ramuan ini menggunakan minyak pohon teh yang dianggap paling efektif dan sederhana untuk membersihkan telinga tersumbat.
Minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Ads
Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tiga hingga empat tetes minyak pohon teh dan dua hingga tiga cangkir air mendidih.

Proses pembuatannya adalah dengan memasukkan dua hinga tiga gelas air dalam panci dan panaskan hingga mendidih. Tambahkan minyak pohon teh di dalamnya. Biarkan mendidih selama lima hingga 10 menit. Setelah selesai, pindahkan ramuan tersebut ke sebuahwadah dan letakkan di atas meja. Miringkan kepala Anda ke arah wadah berisi ramuan tersebut.

Tutupi kepala dengan kain untuk mencegah uap air tidak keluar. Tetaplah dengan posisi di atas selama beberapa menit sampai tidak ada uap lagi. Tetapi jika masih terasa adanya penyumbatan, maka disarankan untuk melakukan konsultasi kepada spesialis THT. Hal ini untuk mencegah kondisi yang lebih parah lagi.***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : SerbaSerbi
www www