SEMUA Ibu yang sedang hamil pasti menginginkan bayi yang akan dilahirkannya nanti menjadi anak yang normal, sehat dan cerdas. Menurut hasil penelitian, wanita hamil yang rajin makan buah kelak akan melahirkan anak yang cerdas.

Pakar perkembangan anak di Kanada melakukan tes terhadap 808 anak berusia 12 bulan dan ibu mereka juga menjadi peserta penelitian kesehatan di seluruh negeri itu. Peneliti mencatat apa saja yang dilakukan si ibu dari hari ke hari selama masa kehamilan.

Hasil tes itu kemudian dibandingkan dengan melihat kemampuan sang anak dalam mengingat dan kemampuan belajar berdasarkan jumlah buah yang dikonsumsi selama kehamilan. Hasilnya, semakin banyak buah yang dimakan ibu saat hamil secara langsung berhubungan dengan hasil yang lebih baik pada tes. Seorang bocah berusia 1 tahun yang ibunya rajin mengkonsumsi buah, dari pisang hingga beri, mendapatkan nilai tertinggi dalam sebuah tes kemampuan berpikir.

Untuk setiap porsi buah yang disantap ibu hamil per hari, hasil tes kepada anaknya 2,38 persen lebih baik dari anak yang ibunya kurang mengkonsumsi buah. Jumlah serat, kalori, omega 3, dan aspek-aspek lain dalam pola makan saat hamil tidak menghasilkan perbedaan pada hasil tes. Jumlah buah yang dikonsumsi anak pada usia awal ternyata juga tak berpengaruh.

Hasil tes di laboratorium pun menunjukkan ibu yang rajin makan buah sebelum melahirkan memiliki anak dengan hasil tes memori yang baik. Karena hasil tes yang hampir sama, para ahli pun mengabaikan faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi, seperti kelas sosial, pendidikan, atau apakah bayinya diberi ASI atau susu formula.***