Penderita Sakit Ginjal Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Buah dan Sayur, Ini Jenis Makanan yang Disarankan

Penderita Sakit Ginjal Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Buah dan Sayur, Ini Jenis Makanan yang Disarankan
(viva)
Minggu, 29 Mei 2016 11:15 WIB
JAKARTA - Salah satu organ penting dalam tubuh adalah ginjal. Ginjal berfungsi membersihkan darah dan menjaga jumlah yang tepat dari mineral di dalamnya, karena itu kerusakan pada ginjal jelas sangat membahayakan.

Lalu, bagaimana jika seseorang mengalami sakit ginjal? Ada banyak hal yang harus diperhatikan bagi mereka para penderita penyakit ini. Sebab, ada beberapa makanan ternyata dapat memperparah penyakit ginjal yang dialami.

Tahukah Anda penderita gagal ginjal tidak disarankan untuk mengkonsumsi terlalu banyak buah dan sayur. Ini, lantaran buah dan sayur berpotensi memperburuk kesehatan untuk penderita ginjal.

Kandungan buah dan sayur mempunyai kadar kalium (potassium) yang tinggi. Hal tersebut diketahui dapat mengganggu irama jantung.

Ads
"Penderita penyakit gagal ginjal harus memperhatikan menu diet mereka agar tidak memperburuk fungsi ginjal. Mereka dapat mengkonsumsi makanan dengan sumber karbohidrat, sumber protein yang disesuaikan dan diet lunak atau biasa," ujar dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD- KGH selaku penanggung jawab Klinik HD Siloam Asri kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Ia juga menambahkan bahwa untuk penderita gagal ginjal kronis, harus menjalani diet ketat dengan beberapa tujuan, seperti mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan menjaga agar pasien dapat beraktivitas secara normal.

Kebutuhan air penderita gagal ginjal sebaiknya juga sesuai dengan jumlah urine selama satu hari sekitar 500 mililiter yang didapatkan dari minuman dan makanan.

Konsumsi hidangan lunak seperti jelly atau puding disarankan karena selain mengandung sumber energi, makanan ini juga mengandung serat yang larut.***
Editor:sanbas
Sumber:viva.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww