JAKARTA - Fotografer Lisl Moolman saat berlibur dengan keluarganya berhasil mengambil gambar-gambar luar biasa dari kawanan buaya yang bermain dengan mangsa mereka, di Kruger National Park di Afrika Selatan.

Dia mengungkapkan bagaimana seekor kura-kura macan tutul dilempar ke udara seperti bola.

"Saya sedang duduk di bendungan sambil menyaksikan segerombolan hewan liar turun untuk minum," jelasnya.

Seperti biasa, kawanan buaya berjemur di bendungan ini. Semuanya terlihat tenang, sampai seorang pengunjung menunjuk pada seekor buaya yang baru saja menangkap seekor kura-kura macan tutul dan bergerak ke dalam air dengan kecepatan tinggi.

Karena cangkang kura-kura sangat keras, buaya itu berusaha memecahkannya dengan menjepitnya kuat-kuat.

"Melihat temannya mendapat mangsa, buaya-buaya lain di tepi bendungan ikut masuk ke dalam air dan mulai mengelilinginya," imbuhnya.

Tak lama kemudian, para buaya itu saling berebut ingin memangsa kura-kura malang tersebut. Tak ayal, kura-kura itu terlempar ke sana ke mari seperti bola.

Seperti diketahui, buaya tidak bisa mengunyah. Binatang ini hanya bisa menyeret, menenggelamkan, melempar dan berguling-guling untuk mematikan dan memotong mangsanya.

"Beberapa saat, kura-kura tersebut menghilang di kedalaman air namun muncul kembali ke permukaan. Seekor buaya terus saja mengikutinya sampai kura-kura itu berenang menjauh setelah setengah jam menjadi mainan para buaya."***