Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Begini Rupa Berlian 1.000 Karat Berusia 3 Juta Tahun

Begini Rupa Berlian 1.000 Karat Berusia 3 Juta Tahun
Berlian 1.109 karat. (kompas.com)
Kamis, 26 Mei 2016 06:33 WIB
LONDON - Rumah lelang paling terkemuka di dunia, Sotheby’s, London akan melelang berlian 1.000 karat pada 29 Juni 2016 mendatang.

Berukuran seperti bola golf, berlian dengan karat di angka 1.109 ini adalah yang terbesar dalam 100 tahun terakhir.

Berlian yang telah dinamai Lesedi la Rona atau “cahaya kita” dalam bahasa Tswana ini ditemukan di tambang Karowa, Botswana, dan diperkirakan berusia 2,5 sampai 3 juta tahun.

Kemudian, Lesedi la Rona ini juga dinilai oleh Institusi Gemologi Amerika Utara dan mereka tidak menemukan setitik pun nitrogen atau boron dalam berlian ini.

Ads
Sebuah hasil yang luar biasa karena hanya 2 persen dari seluruh berlian di dunia masuk kategori ini.

David Bennett, ketua internasional untuk divisi perhiasaan Sotheby’s, berkata, “Lesedi la Rona ini sangatlah luar biasa dan penemuannya ini hanya terjadi sekali seumur hidup.”

“Sebuah kebanggaan bagi Sotheby’s untuk dipercaya sebagai penjualnya. Semua aspek dari pelelangan ini belum pernah ada sebelumnya. Tidak hanya dalam hal ukuran dan kualitas yang superlatif, tetapi skala ini bahkan belum pernah ditawarkan di pelelangan mana pun,” urainya.

Satu-satunya berlian yang mengalahkan ukuran Lesedi la Rona adalah Cullinan Diamond yang ditemukan di Afrika Selatan.

Saat kemunculannya pada tahun 1905, berlian yang kini duduk dalam istana Kerajaan Inggris ini mengagetkan dunia dengan ukuran 3.106,75 karat.

Dengan hadirnya Lesedi la Rona di Sotheby’s tahun ini, siapa tahu Ratu Elizabeth II tertarik untuk menambah koleksinya. ***
Editor : sanbas
Sumber : kompas.com
Kategori : SerbaSerbi
www www