Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Bocah 11 Bulan Miliki Ekor 15 Cm, Ini Penampakannya

Bocah 11 Bulan Miliki Ekor 15 Cm, Ini Penampakannya
(detik.com)
Senin, 23 Mei 2016 07:31 WIB
YIBIN- Yang Yang, seorang bocah laki-laki yang kini berusia 11 bulan, di Yibin, China, memiliki keanehan. Pada bokong bocah tersebut terdapat daging berlebih menyerupai ekor sepanjang 15 centimeter.

Menurut People's China Daily, Yang Yang terlahir dengan kondisi demikian sejak masih di dalam rahim. Kemungkinan besar hal ini diakibatkan oleh gangguan pada tabung sarafnya.

Selama bulan pertama kehidupan, terjadi proses pembentukan struktur neural tube yang pada akhirnya akan membentuk tulang belakang dan sistem saraf. Diperkirakan ada proses yang tak terjadi dengan sempurna pada saat itu, sehingga tulang belakang Yang Yang tidak berkembang dengan baik.

Diketahui Yang Yang memiliki lubang pada tulang di punggungnya, dan selaput yang melindungi sumsum tulang belakang masuk melalui salah satu dari lubang tersebut kemudian membentuk menigocele. Menigocele ini merupakan pertumbuhan daging berlebih yang terlihat seperti ekor.

Ads
"Saat pemeriksaan kandungan, dokter tak pernah bilang ada sesuatu yang aneh pada janinnya. Sehingga saya merasa sangat terkejut ketika kemudian Yang Yang terlahir dengan 'ekor'," tutur ibu Yang Yang, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (23/5/2016).

Menurut sang ibu, awalnya sama sekali tidak ada masalah dengan kondisi ekor Yang Yang. Saat mengganti popok, ia hanya perlu sedikit mengangkat bagian tersebut. Namun beberapa bulan kemudian frekuensi Yang Yang untuk buang air kecil menjadi sangat sering dan ibunya merasa Yang Yang agak lemah dibandingkan anak lain seusianya. Dari situlah ia kemudian mulai khawatir dan berniat membawa buah hatinya tersebut ke dokter.

Benar saja, Yang Yang dianjurkan untuk melakukan serangkaian pengobatan, yang diawali dengan operasi pengangkatan ekornya. Untuk tindakan ini, keluarga harus menunggu sampai Yang Yang cukup usia. Beberapa bulan kemudian, Yang Yang pun dibawa ke Southwest Hospital, Chongqing, untuk menjalani operasi tersebut.

Lin Jiangkai, dokter yang memimpin dalam operasi Yang Yang, mengatakan munculnya ekor tersebut paling mungkin adalah karena sang ibu tidak mengonsumsi cukup suplemen asam folat selama kehamilan.

"Jika kondisi ini terlambat disadari oleh orang tuanya, Yang Yang bisa saja memiliki masalah di tungkai bawahnya. Beruntung pasca operasi kondisinya sudah mulai pulih," tutur Jiangkai.***
Editor : sanbas
Sumber : detik.com
Kategori : SerbaSerbi
www www