Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Ternyata Bukan Gunung Everest Tertinggi di Dunia, Melainkan Ini

Ternyata Bukan Gunung Everest Tertinggi di Dunia, Melainkan Ini
Gunung Chimborazo di Ekuador. (merdeka.com)
Kamis, 19 Mei 2016 18:10 WIB
PARIS - Selama ini kita meyakini Gunung Everest sebagai gunung tertinggi di dunia. Namun ilmuwan dari Institut Recherche pour le Developpement di Prancis menyatakan bila ada gunung lain yang lebih tinggi dari Everest.

Yang dimaksud ilmuwan Prancis itu adalah Gunung Chimborazo di Ekuador. Menariknya, data menunjukkan bila gunung Chimborazo memiliki tinggi 6,25 kilometer di atas permukaan laut sementara gunung Everest sampai 8,85 kilometer. Lalu mengapa ilmuwan ini tetap yakin bukan Everest paling tinggi?

Alasannya, ilmuwan Prancis itu tidak menghitung ketinggian dari batas air laut, tetapi dari inti Bumi. Dari inti Bumi, gunung Chimborazo menjulang hingga 6.384,268 kilometer, sementara Everest hanya terpaut sedikit, 6.381,049 kilometer.

Perbedaan tinggi itu diakibatkan oleh bentuk Bumi yang tidak benar-benar bulat seperti bola, melainkan agak lonjong di bagian khatulistiwa dan datar di bagian kutub.

Ads
Nah, menonjolnya Bumi ini yang akhirnya membuat gunung Chimborazo yang kebetulan ada di kawasan khatulistiwa bisa lebih tinggi dari Everest bila diukur dari inti Bumi. Sehingga, ilmuwan dengan pasti menyatakan bila Chimborazo adalah gunung yang paling tinggi menyentuh atmosfer Bumi.

Namun tetap saja meski jadi yang tertinggi, hanya dibutuhkan sekitar 14 hari untuk sampai ke puncak Chimborazo. Bandingkan dengan gunung Everest yang membutuhkan rata-rata waktu pendakian 40 hari dari base camp awal.***
Editor : sanbas
Sumber : merdeka.com
Kategori : SerbaSerbi
www www