AIR merupakan hal yang sangat penting dalam kelangsungan hidup kita. Meminum air mineral delapan gelas per hari adalah hal yang sangat dianjurkan oleh para dokter. 

Meminum air panas atau hangat mungkin tidak senikmat air dingin, tapi manfaatnya sangat besar. Penasaran? Berikut manfaat minum air hangat.

Menurunkan Berat Badan

Air hangat sangat bagus untuk menjaga metabolisme yang tubuh agar tetap sehat, terlebih untuk mereka yang berniat menurunkan berat badan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mulai membiasakan mengonsumsi segelas air lemon hangat di setiap pagi. Selain itu, air hangat mampu membantu untuk memecah jaringan adiposa (lemak tubuh) dalam tubuh Anda.

Membantu Melancarkan Hidung dan Tenggoran yang Tersumbat

Minum air adalah obat alami yang sangat baik untuk pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Selain air hangat mampu membersihkan dahak dan juga membantu memperlancar saluran pernapasan Anda. Dengan demikian, air hangat dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Dan juga membantu dalam untuk memperlancar hidung tersumbat.

Kram Menstruasi

Air panas juga dapat membantu dalam mengurangi kram menstruasi. Panas dari air hangat memiliki efek menenangkan pada otot-otot perut, yang akhirnya dapat membantu untuk menyembuhkan kram dan kejang.

Detoksifikasi Tubuh

Ajaibnya air panas juga mampu digunakan untuk membantu Anda dalam menghilangkan detoks tubuh. Ketika Anda minum air panas, suhu tubuh Anda mulai naik, dan menghasilkan keringat. Hal ini terjadi karena membantu me melepaskan racun dari tubuh Anda dan membersihkan. Untuk hasil yang optimal, tambahkan perasan lemon sebelum minum.

Mencegah Penuaan Dini

Alasan Anda harus membersihkan tubuh dari racun adalah karena mereka membuat usia anda lebih cepat tua. Nyatanya air hangat mampu membantu untuk memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit Anda yang dipengaruhi oleh radikal bebas berbahaya. Selanjutnya, kulit anda yang rusak akan menjadi halus.


Mencegah Jerawat

Air hangat mampu membersihkan tubuh anda dan menghilangkan akar penyebab infeksi terkait jerawat.

Kesehatan Rambut

Minum air panas ternyata baik untuk mendapatkan rambut lembut, rambut berkilau. Hal karena air hangat memberi energi pada ujung saraf di akar rambut Anda dan mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu Anda akan mendapatkan kembali kekuatan rambut anda dan menjaganya agar tetap sehat.

Mencegah Ketombe

Air panas membuat kulit kepala Anda membantu melawan terhadap resiko kulit kepala kering atau ketombe.

Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Meningkatkan Sistem Saraf Tubuh

Manfaat lain yang penting dari minum air panas adalah bahwa hal itu meningkatkan sirkulasi darah Anda, dan aktivitas saraf. Selain itu, menjaga sistem saraf Anda sehat dengan memecah timbunan lemak di sekitarnya.

Membantu Sistem Pencernaan

Air panas sangat bermanfaat untuk pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air dingin selama atau setelah makan dapat mengeraskan minyak dalam makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat menciptakan deposit lemak pada dinding dalam usus, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker usus. Namun, jika Anda mengganti segelas air dingin dengan segelas air hangat, Anda dapat menghindari masalah ini.

Memperlancar Gerakan Usus

Berbicara pencernaan, air panas dapat membantu untuk memperlancar gerakan usus anda yang akan membuat anda sehat dan bebas rasa sakit. Dehidrasi dapat mengakibatkan masalah serius, yaitu sembelit. Sebagai kotoran yang menumpuk dalam usus, membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat.

Oleh karena Itu selalu disarankan untuk anda mengonsumsi segelas air hangat setiap pagi saat perut kosong. Hal ini akan membantu sisa makanan dapat terurai dengan baik. Demikian 12 manfaat air hangat seperti dilansir republika.co.id yang dikutip dari Lifehack.***