JAKARTA - Mengundurkan dari pekerjaan merupakan hak karyawan. Tapi bagi karyawan profesional, mengundurkan diri akan dilakukan secara elegan.

Menurut Randall S. Hansen, pendiri Quintessential Careers, salah satu situs pengembangan karir tertua dan paling komprehensif, apapun alasannya, keluar kerja memang harus dilakukan secara elegan. "Jangan pernah keluar kerja dengan meninggalkan catatan buruk di tempat kerja Anda sebelumnya," kata pendiri situs EmpoweringSites.com, MyCollegeSuccessStory.com, dan EnhanceMyVocabulary.com ini.

Seorang pekerja yang profesional, katanya, pasti akan mundur secara profesional pula. Ia tak akan banyak membual pada atasan atau teman-teman kerjanya tentang peluang baru setelah keluar. "Anda tidak harus membakar jembatan apapun. Berburu pekerjaan adalah proses yang kadang unik, dan Anda tidak pernah tahu suatu saat di tempat yang baru akan bertemu lagi dengan mantan atasan atau teman kerja Anda, atau tiba-tiba perusahaan tempat kerja baru Anda melakukan merger dengan tempat kerja Anda sebelumnya," katanya.

Jadi, sebelum mengumumkan pengunduran diri Anda, secara khusus Anda perlu mempertimbangkan:

Waktu yang tepat

Buatlah pemberitahuan sebelumnya, jangan asal main keluar. Pemberitahuan standar adalah dua sampai empat minggu,  atau sesuai aturan perusahaan itu. Sebelumnya, Anda bisa berbicara secara lisan dengan atasan Anda.

Negosiasi

Pastikan untuk mendapatkan penyelesaian yang adil untuk semua hak-hak Anda selama menjadi karyawan di tempat itu.

Tawarkan bantuan

Katakan pada atasan Anda bahwa Anda senang bekerja bersamanya. Tawarkan padanya jika perlu bantuan Anda untuk memilih orang yang tepat menggantikan posisi Anda. Juga, membantu pengganti Anda untuk membiasakan diri pada pekerjaan lama Anda yang akan dia ambil alih.

Tetap bekerja profesional

Meskipun waktu keluar kerja tinggal hitungan hari, jangan kurangi sedikitpun performa kerja Anda. Pastikan untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan semua tugas dan buatlah laporan terperinci untuk atasan Anda tentang apa yang telah Anda kerjakan.***