SOLO - Warga Kota Solo dihebohkan seekor babi, yang diduga babi jadi-jadian alias babi ngepet, Minggu (1/5) sekitar pukul 03.00 WIB. Babi dengan penampakan aneh tersebut memiliki warna bulu coklat dengan bintik-bintik hitam seperti seekor anjing.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, keberadaan babi tersebut awalnya diketahui seorang warga bernama Hari di Kampung Rinjani, Mojosongo Jebres. Saat itu dia sedang melakukan patroli ronda di kampung. Seekor babi aneh dilihatnya mondar-mandir dan masuk ke rumah warga.

Melihat hal tersebut, ia segera menggiring babi aneh tersebut ke teras salah satu rumah warga. Setelah terkurung, ia segera memanggil warga lainnya untuk menangkap babi tersebut.

Sejumlah warga memercayai jika babi yang ditemukan tersebut adalah babi ngepet. Alasannya, sejumlah warga sering melaporkan kehilangan uang kepada ketua RT setempat.

"Ini babi keluar masuk rumah warga. Kami yakin ini babi ngepet dan sekarang masih kita kurung di kandang di rumah saya. Lehernya sudah saya ikat. Warga terus berdatangan untuk menonton," ujar Hari.

Hari belum mengetahui babi tersebut mau diapakan. Pihaknya masih menunggu musyawarah warga.

Saat ini, warga masih berdatangan untuk melihat fenomena langka tersebut. Bahkan beberapa di antaranya berinisiatif untuk membuat kotak amal agar penonton mau menyumbangkan sedikit dana yang dimiliki.

"Ini saya sama keluarga nonton, ada anak-anak dan istri. penasaran mas, di zaman modern seperti ini kok ada makhluk jadi-jadian," ungkap Putra Kurniawan, warga Gumpang, Kartasura.***