BANDUNG Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika, Banceuy, di Jl Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2016) pagi.

Kerusuhan menyebabkan sebagian ruang tahanan terbakar dan membuat suasana mencekam. Polisi langsung mengamankan sejumlah tahanan yang berhamburan di sekitar penjara.

Dilansir dari Twitter Polda Jawa Barat, saat kejadian sejumlah unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diturunkan untuk memadamkam api. Suasana sempat mencekam, sejumlah tahanan melempari polisi dengan batu dan barang yang ada. Ini terlihat dari informasi Polda Jabar lewat akun twitternya saat peristiwa terjadi pagi tadi.

Kepala Humas Ditjen Pemasyarakatan, Akbar Hadi membenarkan adanya peristiwa ini. "Betul ada kerusuhan dan kebakaran. Ada 10 mobil pemadam yang berdada di lokasi dan memadamkan api. Polisi dan TNI juga sudah diturunkan ke lokasi," ujar Akbar saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu.

Akbar mengatakan, kebakaran terjadi di bangunan khusus administrasi gedung satu dan dua.

Akbar belum menjelaskan secara rinci penyebab kerusuhan dan kebakaran bangunan tersebut. Saat ini, dia masih berkoordinasi untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.

"Korban belum ada. Petugas sudah berhasil membawa keluar sejumlah napi agar tidak ikut terbakar," ucap Akbar.

Dikepung TNI dan Polisi

Ratusan petugas gabungan Polisi dan TNI  sempat mengepung Lapas Banceuy. Ini dilakukan untuk mengamankan para napi yang dibawa ke luar agar tidak menjadi korban kebakaran.

"Polisi dan TNI sudah berada di lokasi untuk membantu evakuasi napi. Kami berusaha agar tidak ada napi yang menjadi korban akibat peristiwa ini," ujar uru Bicara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Akbar Hadi.

Akbar mengatakan, pihaknya sudah meminta bantuan dari Polres Bandung dan Polda Jawa Barat, selain itu juga dari TNI setempat.

Polisi yang datang ke lokasi juga menggunakan pakaian antipeluru. Situasi saat ini, kata Akbar berhasil dikuasai petugas.

"Alhamdulillah kini sudah kondusif. Kepala pengamanan sedang memberikan pengarah kepada warga binaan," kata Akbar.

Terdengar Tembakan

Seperti dilansir RTMC Polda Jabar lewat akun Twitter @RTMC-Polda Jabar, Sabtu, 23 April 2016, petugas kepolisian, pemadam kebakaran, serta aparat terkait lainnya diturunkan ke lokasi.

Beberapa narapidana di lapas tersebut melakukan aksi pembakaran dan kerusuhan. Terdengar suara letusan senjata api dari lokasi itu. Suasana pun menjadi mencekam. Para penghuni lapas tersebut dikabarkan akan dievakuasi.

Petugas kepolisian dan aparat terkait lainnya diturunkan untuk menangani kejadian itu.***