JAKARTA - Tubuh sangat membutuhkan air, karena itu dalam sehari setiap orang disarankan mengonsumsi sekitar 2 liter air.

Minum air putih tak hanya perlu dilakukan setelah mengonsumsi makanan, sedang haus, atau habis berolahraga saja. Sebelum tidur pun kita sebaiknya minum segelas air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah aktivitas sepanjang hari.

Karena kita tidur bukan aktivitas fisik berat, tubuh tentu tidak mengeluarkan banyak cairan. Oleh karenanya, air yang diminum sebelum tidur secukupnya saja.

Ada beberapa manfaat dari minum air sebelum tidur, antara lain membantu membakar kalori. Saat kita minum air dingin, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menjaga tubuh tetap hangat sehingga metabolisme tubuh meningkat.

Konsumsi segelas air sebelum tidur juga membantu keseimbangan hormon, level energi, serta otot dan persendian. Kondisi ini akan membantu kita merasa rileks sehingga tidur pun lebih nyenyak.

Minum air juga bisa menjadi cara untuk membersihkan toksin yang berasal dari makanan, lingkungan, dan faktor lainnya, untuk dikeluarkan lewat urine.

Saluran cerna, otot, bahkan kulit kita akan merasakan manfaat dari proses 'pembersihan' tersebut.***