JAKARTA - Sebelum memasuki masa menstruasi (haid), biasanya wanita akan mengalami kram perut maupun emosi yang tidak stabil sebagai bagian dari sindrom pra-menstruasi (PMS). Namun, menjelang menstruasi bisa terjadi sesuatu yang 'aneh' di mulut seorang perempuan. Apa itu?

Hal 'aneh' tersebut merupakan menstruasi gingivitis atau peradangan gusi yang dirasakan menjelang menstruasi. Umumnya keluhan ini akan hilang setelah si tamu bulanan datang. Mengapa bisa demikian? Ditengarai kadar hormon di tubuh perempuanlah yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi.

"Kenaikkan hormon estrogen dan progesteron pada perempuan menyebabkan peningkatan aliran darah ke gusi dan menyebabkan penurunan kemampuan untuk melawan plak dan racun lainnya," kata dr Mary Rosser, MD, PHD dari Montefiore Health System di New York, Amerika Serikat, dikutp dari Health, Jumat (25/09/2016).

Penumpukan plak bisa mengiritasi gusi. Akibatnya gusi menjadi lunak, bengkak, dan merah. Karena itu beberapa perempuan bisa mengalami gigi berdarah saat membersihkan gigi dengan benang atau saat menyikat gigi.   

Perubahan hormonal ini sebenarnya tidak akan menyebabkan seorang perempuan mengalami penyakit gusi. Akan tetapi kondisi ini bisa memperburuk gejala yang sudah ada. Untuk itu, dr Rosser menekankan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan memeriksakannya setiap enam bulan sekali.

Ia pun menyarankan untuk mulai menjaga asupan gula dan karbohidrat karena dapat membantu meringankan kondisi peradangan gusi. Apabila Anda mengalami kondisi yang lebih buruk daripada biasanya, dr Rosser menganjurkan untuk segera berkunjung ke dokter gigi.***