PALEMBANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan pihaknya akan mengurangi jumlah pegawai negeri sipil, terutama yang kerjanya tidak efektif atau malas. Pemangkasan PNS itu diperkirakan 1,5 persen dari jumlah penduduk.

Dia mengatakan, para PNS dengan etos kerja rendah dimulai pada tahun depan akan dikurangi. Pihaknya mengutamakan pengurangan terhadap PNS yang mempunyai disiplin rendah dan kurang aktifitas yang diutamakan.

"Nanti bisa kena rasionalisasi lebih cepat terutama bagi PNS yang tidak efektif," katanya sebelum membuka pertemuan asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia di Palembang, Selasa malam (22/3).

Menurut dia, pengurangan tersebut untuk efisiensi pegawai termasuk anggaran. "Mulai tahun depan, kami akan rampingkan dari 4,5 juta jadi 3,5 juta PNS," ujarnya.

PNS yang akan dipertahankan adalah bagi mereka yang berkompetensi, rajin, dan memang bekerja dengan baik. "Jadi bila malas, tidak kompeten, rendah etos kerja, itu akan kena rasionalisasi," ujarnya.***