JAKARTA - Seorang ahli astrologi India T Selva, meramalkan empat negara di Asia Tenggara, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Filipina sepertinya bakal dihantam bencana alam hebat tahun ini. Ramalan tersebut dimuat di New Sarawak Tribune pada 7 Februari 2016.

Ramalan astrolog ini dianggap mengejutkan, sebab Singapura adalah sebuah negara kota yang sangat terbentengi dengan baik dari hantaman bencana alam, seperti gempa bumi, angin topan, atau tsunami.

"Dua negara lain yang juga mengalami gempuran alam adalah Australia dan Selandia Baru," katanya.

Selain harus menghadapi amuk alam, penulis buku Indian geomancy dan TV personality itu juga memperkirakan negara-negara yang berdekatan dengan garis khatulistiwa dan belahan selatan mendapatkan serangan teroris.

Selva yang diwawancara wartawan saat melakukan kunjungan ke Kuching pada 2016 ini berharap ada ‘campuran’ kondisi dengan situasi yang membaik pada enam bulan pertama tahun ini.

Singapura dikenal oleh dunia sebagai salah satu tempat di bumi ini yang memiliki risiko paling rendah kerusakannya dari hantaman bencana alam.

Menyusul jarang terjadi bencana alam, tapi kerusakan gempa bumi yang menghantam Sabah dan menimbulkan banyak korban jiwa, termasuk mahasiswa dan guru-guru Singapura yang mendaki Gunung Kinabalu tahun lalu. Veteran geologis, Kerry Sieh, mengatakan kepada The Straits Times, kemungkinan terjadi gempa yang serius di Singapura ada tapi "sangat rendah" karena pusat gempa berjarak 300 kilometer yang berada di Sumatera, Indonesia. "Tremor lemah kadang-kadang terasa di Singapura ketika ada gempa," katanya.***