JAKARTA - Kabar reshuffle kabinet saat ini kian santer. Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional Aziz Subekti mengaku mendapatkan informasi valid dari lingkungan Istana Negara bahwa perombakan kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

“Perkiraan teman-teman perombakan dilakukan setelah adanya pengumuman penurunan harga BBM,” kata Aziz, Rabu, 23 Desember 2015.

Aziz juga mengklaim mendapatkan informasi siapa saja menteri yang akan dicopot Jokowi. Pertama, kata dia, Jokowi akan mencopot Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan akan diganti Taufik Kurniawan, kader PAN yang saat ini menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat.

“Saya kira Ketua Umum PAN sudah menerima informasi itu, apalagi dia juga dekat dengan Taufik,” kata Aziz.

Sementara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, kata Azis, akan digantikan Asman Asnur, kader PAN yang saat ini menjadi anggota Komisi Kependudukan dan Kesehatan DPR.

Sebagai partai bekas Koalisi Merah Putih, Azis mengaku partainya tak berharap mendapat banyak jatah kursi menteri di kabinet Jokowi. Justru, kata dia, partai pendukung pemerintah yang meminta agar PAN mendapatkan jatah kursi menteri. “Katanya kalau masuk koalisi harus mendukung secara konkret,” katanya.

Kabar soal perombakan kabinet sebelumnya sudah bergulir sejak PAN mulai bergabung dalam partai koalisi pendukung pemerintah. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan saat ini ia dan Presiden Jokowi masih mengevaluasi seluruh jajaran menteri di Kabinet Kerja.***