PEMILIHAN - sekolah yang tepat dapat membuat karir Anda menanjak. Maka bagi Anda yang ingin mulai menempuh pendidikan tinggi tahun depan, tulisan ini bisa menjadi referensi.

Dilansir dari Business Insider, Sabtu (19/12), mereka melakukan survei pada 60 sekolah bisnis dunia. Kesimpulannya Universitas Pennsylvania Wharton School menempati peringkat teratas.

Business Insider menggunakan sejumlah indikator dalam pemeringkatan yakni reputasi, gaji rata-rata yang didapat para lulusan barunya, kecepatan para lulusan baru mendapat kerja, IPK, serta biaya sekolah itu sendiri.

Sebelumnya, daftar kualitas pendidikan negara anggota Organisasi Kerja Sama Ekonomi Pembangunan (OECD) dirilis Rabu (13/5) oleh BBC dan Financial Times. Hasilnya Singapura dinobatkan sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik sedunia.

Kemampuan matematika, membaca menulis, serta pengetahuan umum siswa sekolah dasar hingga usia 15 di Negeri Singa dinilai paling wahid dibanding 76 negara OECD lainnya. Setelah Singapura, negara lain yang membayangi di urutan dua adalah Hong Kong, disusul Korea Selatan. Kejutan terbesar adalah Vietnam, kini bercokol di urutan 12 dunia versi OECD.

Ketika semakin banyak negara Asia menjulang di daftar buatan OECD ini, peringkat Indonesia 'nyungsep' di urutan 69, hanya unggul tujuh peringkat dari Ghana yang ada di daftar terbawah.

Tapi, dari pemetaan OECD ini, negara-negara maju mulai dikejar oleh bangsa asal Asia. Swedia anjlok dari peringkatnya yang biasa masuk 5 besar. Demikian pula Amerika Serikat (28) yang bahkan merosot disalip Vietnam.

Namun, dalam hal sekolah bisnis, Amerika nampaknya belum tergoyahkan dalam mencetak lulusan sukses. Berikut lima sekolah bisnis terbaik di dunia:

1. University of Pennsylvania -- The Wharton School

Wharton School menempati peringkat teratas sebagai sekolah bisnis terbaik 2015. Meski biaya menempuh pendidikan di sini cukup tinggi yakni USD 144.340, namun, reputasi, gaji para lulusan barunya, serta kecepatan lulusan baru mendapat pekerjaan cukup menjanjikan.

Business Insider mencatat 95 persen lulusan Wharton School mendapat pekerjaan 3 bulan usai kelulusan. Gaji yang diterima pun sekitar USD 127.300 atau setara Rp 1,76 miliar per tahun.

Sejumlah tokoh lulusan Wharton ialah John Sculley dari Pepsi dan Apple, Jeff Weiner CEO LinkedIn, dan masih banyak lainnya.

2. University of Chicago -- Booth School of Business

Pada 2015, 98 persen lulusan Booth School of Business mendapat pekerjaan hanya dalam waktu tiga bulan. Rata-rata lulusan dari sini keterima bekerja di McKinsey & Co., Boston Consulting Group, Bain & Co., Amazon, dan Bank of America.

Rata-rata gaji yang diterima oleh lulusan mereka sebesar USD 125.000 atau setara Rp 1,73 miliar per tahun. Booth membekali pelajarnya dengan skenario bisnis di dudunia nyata. Pengajar tamu di sekolah ini juga didatangkan dari perusahaan ternama.

3. Harvard University -- Harvard Business School

Sekolah bisnis tertua ini dinilai sebagai salah satu terbaik yang pernah ada di dunia. Namun, dikarenakan lulusan dari sekolah ini tidak semuanya mendapat pekerjaan elit maka mereka harus terlempar ke posisi tiga.

HBS pada tahun ini turut tercatat hanya 91 persen lulusan barunya yang mendapat kerja dalam waktu tiga bulan. Rata-rata gaji yang diterima para lulusan HBS sekitar USD 131.600 atau setara Rp1,82 miliar.

Akan tetapi, jaringan alumni HBS menjadi salah satu yang terluas yakni sebanyak 44.000 orang. Sejumlah tokoh lulusan sekolah ini antara lain mantan Presiden George W. Bush, JPMorgan Chase CEO Jamie Dimon, mantan Gubernus Massachusetts Mitt Romney, Facebook COO Sheryl Sandberg, Blackstone CEO Steve Schwarzman, and HP Chairman Meg Whitman.

4. Stanford University -- Graduate School of Business

Lulusan sekolah bisnis Stanford biasanya selalu menempati tiga besar. Akan tetapi, dikarenakan pada tahun ini para lulusan Stanford hanya 86 persen yang mendapat kerja dalam tiga bulan setelah lulus membuat mereka harus terlempar dari posisi tiga besar.

Lulusan Stanford saat ini mendapat rata-rata gaji USD 133.400 atau setara Rp 1,85 miliar per tahun. Para lulusan dari sekolah ini pun kebanyakan diterima di perusahaan ternama seperti Facebook, Yahoo, Yelp, dan perusahaan teknologi lainnya di Silicon Valley.

5. Massachusetts Institute of Technology -- Sloan School of Management

Massachusetts Institute of Technology baru saja merayakan dies natalis ke-100 tahun lalu. Sekolah ini diklaim juga menjadi salah satu sekolah bisnis terbaik yang pernah ada.

Pada tahun lalu, sebanyak 93 persen lulusan dari sekolah ini mendapat kerja dalam waktu tiga bulan. Sejumlah perusahaan yang menerima lulusan sekolah ini antara lain Adobe, Microsoft, Google, dan Facebook. Selain itu, sebanyak 7,4 persen lulusan sekolah ini juga tercatat sukses membuka usaha sendiri.

Rata-rata lulusan sekolah Massachusetts mendapat gaji USD 126.300 atau setara Rp1,75 miliar per tahun.***