JAKARTA - Musik Jazz Tanah Air sampai saat ini terus menerus mengembangkan sayapnya di jagat musik Indonesia. Meski maraknya musik pop yang merajai musik belakangan ini, namun musik jazz tetap hangat di penikmat musik Indonesia.

Setelah pagelaran Jazz Goes to Campus yang sukses menyedot 15 ribu penonton, kini giliran pagelaran jazz yang dihelat oleh Creative Republic. Event yang berlangsung dari tanggal 4-6 Desember 2015 di Lippo Mall Kemang ini bertabur musisi jazz maupun pop Tanah Air.

Di hari pertama, Creative Republic menyuguhkan sederet musisi seperti Ireng Maulana, Titiek Puspa, Idang Rasjidi, Margie Segers, dan Sjaharani, serta musisi Jazz lainnya sebagai tribute bagi Boedewijn Maulana, atau lebih dikenal dengan Kiboud Maulana, yang wafat pada tanggal 6 Juni 2015 di usianya yang 77 tahun.

"Musik menjadi bagian dari Kiboud Maulana. Dia tak pernah berhenti menularkan spiritnya dengan cara mengajak musisi-musisi lain untuk terus berkarya," kata Tommy Maulana selaku inisiator Creative Republic saat menggelar jumpa pers di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (4/12/2015).

Sebagai salah satu penampil, Syaharani cukup mengapresiasi dengan diadakannya tribute to Kiboud Maulana. Menurut dia, semangat Kiboud patut ditularkan kepada musisi-musisi muda.

"Banyak anak-anak jaman sekarang yang menggogle  yang ada di tv saja. Bagi saya itu kurang. Karena masih ada di balik itu semua yang bisa kasih efek lebih besar. Salah satunya adalah sosok Kiboud Maulana," ujarnya Sjaharani.

Tribute to Kiboud Maulana merupakan pembuka dari acara Creative Republic yang mengusung tema Spirit of Unity. Di hari selanjutnya acara ini bukan cuma menghadirkan suguhan musik melainkan talkshow, mini workshop, dan showcase product di industri kreatif Indonesia. ***