BANDA ACEH - Dalam rangka memperingati hari menanam Indonesia Dinas Kehutanan Aceh menggelar penganugerahan Duta Peduli Rimba Aceh di Desa Lampuloe, Banda Aceh, Kamis (19/11/2015) kemarin. Ada dua kategori penghargaan, yaitu untuk duta kategori putri dan putra.

Masvitia, siswi kelas dua SMA Negeri 1 Sabang, meraih juara kedua sebagai Duta Peduli Rimba Aceh kategori putri tahun 2015.

Saat dikonfirmasi, gadis berparas cantik itu mengaku bangga bisa membawa nama Sabang sebagai Duta Peduli Rimba Aceh.

"Saya senang bisa meraih juara dua sebagai Duta Peduli Rimba ini, ke depan saya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya hutan untuk kehidupan kita," ujar Masvitia, Jumat (20/11/2015).

Menurutnya, saat ini warga Sabang masih peduli terhadap alam dan kelestarian hutan, seperti masyarakat di kawasan Aneuk Laot dan kawasan wisata Iboih.

"Sabang merupakan daerah wisata, hutan juga salah satu objek wisata menarik di Pulau Weh, saya melihat kesadaran masyarakat Sabang terhadap lingkungan masih peduli, seperti menanam pohon di kawasan danau Aneuk Laot dan hutan mangrove wisata pantai Iboih," katanya.

Ia berharap warga Sabang agar lebih mencintai lingkungan dan memiliki kesadaran tinggi untuk tidak merusak alam dengan menebang pohon di hutan, karena bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir dan longsor.

Pada pemilihan juara sebagai duta peduli rimba Aceh tahun 2015 ini, juara pertama kategori putra diraih siswa dari SMA Negeri Uuggul Kabupaten Aceh Selatan, juara ke dua diraih SMA Negeri Unggul Sigli, dan juara ke tiga diraih siswa SMA 1 Sinabang. Sementara itu juara 1 dan 3 katagori putri diraih Raudhatul Jannah SMA 1 Langsa, dan Rahmatun Layali dari SMA Lungputue Kabupaten Pidie Jaya.***