Home >  Artikel >  Ragam

Berkat JKN-KIS, Hj Sarmi bisa 9 Kali Operasi Berat

Berkat JKN-KIS, Hj Sarmi bisa 9 Kali Operasi Berat
Jum'at, 20 Desember 2019 12:09 WIB
Penulis: Fatih
MEDAN - Bergulirnya Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terbukti sudah banyak membantu masyarakat. Salah satunya Hj. Sarmi, sejak menjadi peserta JKN-KIS, wanita berusia 72 tahun ini sudah 9 kali menjalani operasi.Bukan operasi kecil, malahan warga yang menetap Medan Tembung ini, harus menjalani operasi yang berat.

Ditemui di sela-sela antrean di Poli Neurologi RSUD dr Pirngadi Medan, Hj Sarmi menerangkan, banyak sudah manfaat yang dia rasakan menjadi kepesertaan JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan.

"Sangat tertolong sekali saya nak, udah banyak manfaat yang saya rasakan," ujar Sarmi.

Ads
Sarmi mencoba mengingat ke belakang, dimana, dirinya sudah katerisasi jantung.

"Kalau umum bisa 40 juta hingga 60 juta biayanya nak," bebernya.

Selain itu, dirinya juga sudah pernah menjalani operasi tumor lambung, usus buntu, tumor payudara, angkat rahim, hingga operasi mata.

"Abis itu, operasi batu ginjal. Kalo gak salah operasi jepit getar batu ginjal namanya. Pernah juga saya mau operasi untuk penyakit neurologi saya, waktu itu mau dioperasi, tapi karena saya pernah dibalon jantung saya, makanya gak bisa lama-lama untuk operasi. Jadi waktu itu saya harus berobat jalan, terapi dan akupunktur sampai sekarang," jelasnya.

Diceritakan Sarmi, Ia juga sempat dioperasi matanya, bukan hanya satu mata saja tapi kedua matanya sudah pernah dioperasi.

"Mata saya kiri dan kanan sudah operasi. Kalau satu mata kena 6 juta, dua mata sudah 12 juta. Kalau umum, dari mana biayanya itu," ungkapnya.

Begitu juga dengan operasi batu ginjal. Sarmi menjelaskan, dirinya sudah 2 kali operasi batu ginjal.

"Pertama di Januari 2019. Kemudian diperiksa dan masih ada, makanya dioperasi kembali di Februari 2019. Kalau biaya sekali operasi 10 juta, kalau dua kali berarti sudah 20 juta yang harus saya bayarkan jika saya pasien umum," terangnya.

Dirinya sangat berterimakasih sekali dengan hadirnya program JKN-KIS ini. Sebab, dengan menjadi peserta JKN-KIS Ia bisa mendapatkan semua pelayanan kesehatan yang Ia rasakan sampai hari ini.

Editor : Fatih
Kategori : Ragam
www www