KARNATAKA - Kisah inspiratif ini berasal dari Karnataka, India. Seorang petani Srikant Gowda mengecat bulu anjingnya jenis cosplay menyerupai warga kulit harimau untuk mengusir kawanan monyet. Dikutip dari suara.com, tindakan Gowda mengubah anjingnya menjadi 'harimau' bermula ketika ia merasa putus asa melawan sekelompok monyet yang kerap menjadi hama dan memakan hasil pertaniannya.

Kebetulan anjing Gowda memang sudah terlahir dengan warna kuning kemerahan. Sehingga ia hanya membutuhkan tambahan loreng garis-garis berwarna hitam untuk membuat anjingnya terlihat mirip harimau.

Bicara kepada wartawan, dia mendapat ide tersebut empat tahun lalu ketika mengunjungi Uttara Kannada, sebuah distrik di Karnataka. Para petani di sana menggunakan boneka harimau palsu untuk menakut-nakuti monyet.

Tampak konyol, tetapi Gowda memutuskan mencoba sendiri dan terkejut melihat bahwa metode tersebut benar-benar berhasil.

Namun Gowda yakin, boneka harimau itu tidak akan menipu monyet untuk waktu yang lama, karena itu dia memutuskan untuk mencoba sesuatu yang lain, yakni mengubah warna anjingnya menyerupai harimau.

Menurut The Youth, tipu muslihat Srikant Gowda begitu sukses, sampai-sampai menginspirasi petani India lainnya untuk mengikuti metode tersebut. ***