Saat ini sepertinya hampir semua orang menggunakan ponsel. Pakai ponsel tentunya butuh pulsa, baik untuk menelepon, kirim pesan teks, atau internetan. Pemakaian pulsa menjadi sangat penting untuk kebutuhan komunikasi. Layanan provider XL menjadi salah satu penyedia layanan telekomunikasi populer yang banyak dipilih orang. Meskipun XL menawarkan produk prabayar dan pascabayar, lebih banyak orang yang familier dengan layanan prabayarnya. Masalahnya, pelanggan prabayar terkadang lupa beli pulsa.

Kalau sudah terdesak dan tidak menemukan kios pulsa, sesama pelanggan bisa saling berkirim pulsa dengan cara transfer pulsa XL berikut ini. 1. SMS Interaktif/UMB UMB (USSD Menu Browser) merupakan layanan aplikasi USSD yang dipakai untuk menu interaktif dengan pengguna.

Kamu pasti pernah menerima SMS berisi tawaran berlangganan menarik yang bisa didapatkan dengan membalas SMS tersebut dengan “YA” atau “OK”. Nah, menu interaktif itu disebut dengan UMB. UMB juga bisa dipakai pelanggan XL untuk melakukan transfer pulsa ke pelanggan lain.

Jadi, hanya dengan mengetik perintah dari menu SMS, kamu bisa mengirim pulsa untuk orang lain, berikut langkah-langkahnya. - Buka menu SMS/Pesan dari HP kamu - Ketik BAGI (spasi) NOMOR TUJUAN (spasi) NOMINAL PULSA; misal: BAGI 08781234567 20000 - Kirim ke nomor 168, lalu tunggu balasan SMS - Balasan SMS yang masuk akan meminta kamu untuk melakukan konfirmasi, balas dengan “Y”.

Untuk menyetujui pengiriman pulsa ke nomor yang diinginkan Layanan UMB juga memungkinkan kamu untuk meminta pulsa yang akan dikirimkan oleh orang lain. Dalam kesempatan ini, pastikan orang yang kamu minta pulsanya mengenal nomor kamu. Jadi, saat menerima SMS notifikasi bahwa ada yang meminta pulsa, orang itu langsung bisa membalas SMS untuk menyetujui karena sudah tahu bahwa kamu yang meminta pulsa.

Berikut ini cara untuk minta pulsa ke pelanggan XL lain. - Buka menu SMS dari HP - Ketik BAGI (spasi) NOMINAL PULSA; misal: BAGI 20000 - Kirimkan SMS ke nomor orang yang ingin kamu minta pulsanya - Pulsa akan diterima saat orang yang dimintai pulsanya sudah membalas SMS untuk menyetujui permintaan kamu 2. USSD 123 Selain mengirim SMS, kamu juga bisa melakukan pengiriman pulsa melalui menu di layar telepon.

Langkah ini bisa kamu lakukan seperti saat melakukan pengecekan pulsa. Nomor yang dihubungi juga sama, yaitu dari *123# dengan langkah-langkah sebagai berikut. - Buka menu telepon dari HP - Tekan *123*168# lalu klik dial (tombol hijau) - Masukkan nomor tujuan yang ingin dikirim pulsa - Masukkan nominal pulsa yang ingin kamu kirimkan - Pada langkah terakhir, kamu akan diminta melakukan verifikasi dengan memasukkan empat digit angka. Untuk menyetujui, ketikkan angka tersebut dan pulsa akan dikirim. 3.

Aplikasi myXL Nah, kalau kamu sudah pakai smartphone dan bisa terhubung dengan koneksi WiFi, transfer pulsa bisa dilakukan lewat aplikasi myXL. Sebelum melakukan pengiriman pulsa, pastikan kamu sudah download aplikasi myXL, ya. Jika sudah download dan login dengan nomor kamu, ikuti langkah berikut ini. - Pilih menu “More” dari halaman Beranda - Pilih “Share Balance” - Masukkan nomor penerima pada kolom “Add Recipient”, bisa langsung ketik atau pilih dari kontak di HP.

Jika sudah dimasukkan, klik tanda centang - Masukkan nominal pulsa yang ingin dikirim pada kolom “Amount to share” - Klik share untuk mengirimkan pulsa - Kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan enam digit angka yang dikirimkan melalui SMS - Untuk konfirmasi, masukkan enam digit angka tersebut, lalu klik submit Transfer pulsa XL juga sudah bisa dilakukan ke nomor AXIS karena perusahaan AXIS sudah diakuisisi oleh XL.

Berbeda dari pengiriman pulsa pada provider lain, transfer pulsa pelanggan XL bisa menambah masa aktif. Jadi, saat masa aktif orang yang kamu kirimkan pulsa sudah habis, pulsa yang kamu kirim bisa tetap digunakan. Hal lain yang perlu diingat, kamu akan dikenakan biaya administrasi yang dikenakan setiap kamu melakukan pengiriman pulsa. Biaya yang dikenakan berkisar dari Rp1.000-Rp6.000 (tergantung jumlah pulsa yang dikirimkan) dan akan langsung dipotong dari jumlah pulsa.