JAKARTA - Pasangan suami istri berusia di atas 40 tahun cenderung mengalami penurunan gairah seksual karena berbagai alasan. Padahal, rutinitas bercinta sangat berkhasiat bagi kesehatan. Dikutip dari detik.com, sebuah penelitian yang dilakukan Anglia Ruskin University terhadap 5.700 pria dan wanita di 'umur emas' menemukan mereka lebih jarang bercinta.

Padahal pria yang jarang bercinta di umur 50 tahun memiliki risiko terserang penyakit yang sangat serius. Pria yang kurang berminat pada seks, 63 persen lebih mungkin didiagnosis kanker, sementara 41 persen meningkatkan peluang terkena penyakit lainnya.

Pada wanita, 64 di antaranya mengaku akan sering merasa tidak enak badan jika jarang bercinta. ''Penting untuk diingat bahwa seks adalah bentuk aktivitas fisik, meskipun sering dilakukan pada intensitas sedang,'' sebut penulis senior Dr Lee Smith, dikutip dari Mirror.

Para ahli menuturkan mereka yang berusia 50 tahun ke atas harus menjaga gairah seksualnya tetap terjaga sebab satu kali sesi bercinta bisa membakar hingga 85 kalori. Juga, hormon endorfin yang dikeluarkan saat berhubungan seks dianggap mampu menjadi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu penelitian menyebut penurunan gairah bercinta juga bisa menjadi tanda pria terkena impotensi. Bisa juga kemungkinan dirinya mengalami masalah pembuluh darah yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.***