MEDAN – Manfaat demi manfaat terus diberikan BPJS Kesehatan kepada para peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS). Dimulai dengan perbanyak layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti klinik/puskesmas, rumah sakit, penegakan diagnosa hingga penanggungan biaya perawatan pun terus dijaga demi kenyamanan peserta.


Hal ini pula yang dirasakan oleh salah seorang peserta JKN KIS, Edison Perangin-angin. Menurut warga Tembung ini, saat dirawat inap di RSUD dr Pirngadi Medan, tenaga medis seperti dokter, perawat, melayaninya dengan ramah dan cukup baik.

“Kemarin dirawat karena gejala batuk. Layanan bagus, tidak ada kekurangan suatu apapun. Semua pelayanan, pemeriksaan lengkap. Makanan, menu, obat, lengkap, ada,” ungkap Edison yang mengaku dirawat selama seminggu itu.

Peserta kelas 1 ini menjelaskan, saat dirawat dengan gejala sedikit sesak dan batuk, dokter cukup telaten menegakkan diagnosa. Di mana, semua pemeriksaan dilakukan agar diketahui secara pasti diagnosa dari penyakitnya dan terapi apa yang cocok untuk dilakukan.

“Pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan paru, jantung, lengkap. Jantung juga diperiksa kemarin, EKG (Elektrokardiogram) sama Echo (Echocardiografy),” ujarnya.

Apa yang dirasakan Edison ini cukup membuat dia nyaman ketika mendapatkan perawatan di rumah sakit milik Pemerintah Kota Medan itu, selaku provider BPJS Kesehatan.

“Semua ditanggulangin sesuai kebutuhan penyakit kita,” bebernya.

Ayah 3 anak ini juga mengaku, pelayanan yang diberikan rumah sakit provider juga tidak diskriminatif. Tak ada perbedaan pelayanan sama sekali antara peserta JKN KIS dengan pasien umum.

“Karena pemeriksaan itu sesuai dengan kebutuhan penyakit, untuk proses penyembuhan,” tambahnya.

“Jadi pemeriksaan yang dilakukan semuanya untuk menegakkan diagnosa,” terangnya.

“Cukup bagus, untuk penegakan diagnosa juga dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan lainnya dan itu otonom dokter,” timpalnya.

Manfaat dan kenyamanan yang dirasakan Edison dan jutaan peserta JKN KIS lainnya ini sesuai dengan visi BPJS Kesehatan yakni terwujudnya jaminan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi.

Senada dengan itu, BPJS Kesehatan juga memiliki misi memberikan layanan terbaik kepada peserta dan masyarakat, memperluas kepesertaan program jaminan kesehatan mencakup seluruh penduduk Indonesia dan bersama menjaga kesinambungan finansial program program jaminan kesehatan.