Kata Ahli dari Universitas Harvard, Begini Cara Menulis Curriculum Vitae yang Baik

Kata Ahli dari Universitas Harvard, Begini Cara Menulis Curriculum Vitae yang Baik
Ilustrasi. (lp6c)
Senin, 15 Juli 2019 09:49 WIB
JAKARTA - Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu syarat yang harus dilampirkan pada berkas surat lamaran kerja. Ketidakmampuan menulis CV dengan baik, bisa menjadi penyebab pelamar kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan.Bagaimana sebenarnya kriteria CV yang baik dan dipahami oleh perekrut? Kantor layanan karier Universitas Harvard memberikan beberapa kriteria CV yang bakal dilirik perekrut profesional, sebagaimana dikutip liputan6.com dari CNBC, Jumat (11/7/2019):

1. Ringkas

CV yang ringkas adalah CV yang hanya memuat data diri secukupnya dan pengalaman serta keahlian, tanpa memuat beberapa hal sebagai berikut:

Ads
- Daftar referensi (orang yang merekomendasikan Anda di pekerjaan). Hal ini akan ditanyakan oleh HRD saat Anda diwawancara nanti

- Foto. Bagaimanapun eloknya Anda, menyematkan foto di CV membuat Anda tidak terlihat profesional, kecuali jika bidang pekerjaan yang dilamar memang mengutamakan penampilan fisik

- Umur dan jenis kelamin. Jika perusahaan benar-benar merasa cocok dengan Anda, mereka tidak butuh tahu umur atau jenis kelamin calon karyawannya. Ini bukan profil biro jodoh.

Jangan lupa untuk selalu masukkan kontak berupa email, nomor telepon dan nomor handphone. Lebih bagus lagi kalau Anda punya profil Linkedin.

2. Gunakan Kata Kerja

Dalam mendeskripsikan keahlian atau pengalaman, gunakan kata kerja untuk menandakan Anda benar-benar berperan dalam hal tersebut. Misalnya:

- Mengoordinasi...

- Mengorganisasi...

- Memimpin...

- Membangun...

- Memonitor...

Jangan masukkan kata berbunga-bunga seperti:

- Pekerja keras. Definisi pekerja keras sangat umum karena pekerjaan apapun harus dilakukan dengan keras

- Orientasi pada tim atau orientasi pada hasil. Kedua hal ini harus imbang dalam pekerjaan

3. Rapikan Format CV

CV yang baik adalah CV yang bersih namun padat. Adapun yang harus diperhatikan adalah:

- Konsistensi konten dan jenis font

- Keseimbangan deskripsi dengan ruang kosong. Atur tata letak deskripsi agar pas dilihat

- Tidak lebih dari 1 atau 2 lembar

- Tidak menggunakan kata "saya"

- Tidak menambahkan banyak warna

Dengan memenuhi kriteria di atas, CV Anda dijamin akan mendapat perhatian dari perekrut, setidaknya bisa mengantarkan Anda ke tahap wawancara.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwww