JAKARTA - Cut Mini batal main di tiga film gara-gara dirinya memutuskan mengenakan pakaian yang sesuai tuntutan agama yang dianutnya, Islam. Artis berusia 45 tahun itu mengaku ikhlas menerima konsekuensi atas keputusannya berhijab tersebut. Dikutip dari kumparan.com, Cut Mini mengaku, keyakinan hatinya untuk menutup aurat semakin menguat menjelang Ramadhan lalu.

Diceritakan Cut Mini, sebelum mengenakan hijab, ia menerima tiga tawaran main film. Namun, setelah Cut Mini menjelaskan ia sudah berhijab, pihak yang memberikan tawaran kepada dirinya membatalkan penawaran.

''Mereka mundur teratur, ya sudah enggak apa-apa, saya tidak mau memaksa,'' ujar Cut Mini saat ditemui di Grand Indonesia Mall, Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Menurut Cut Mini, ia saat ini berusaha untuk lebih menjaga perilakunya. Dia tak ingin menodai kesucian dari makna hijab itu sendiri. Sebab, perilaku buruk kadang bisa membangun stigma negatif terhadap hijab itu sendiri.

''Kita harus tahu adab-adabnya, kita memakai sesuatu yang berat buat hidup kita untuk jalannya ke depan. Jadi kita juga harus menjaga adab-adab itu, itu yang diajarkan guru saya,'' tutur Cut Mini.

Belakangan, gelombang hijrah merebak di kalangan para artis. Beberapa di antara mereka bahkan membentuk kelompok-kelompok kajian masing-masing.

Cut Mini rupanya tak tertarik untuk bergabung dalam kajian para artis tersebut. Apalagi, sejak lama dirinya memang dikenal cukup independen dalam hal karier maupun pergaulan.

''Enggak (kepikiran) lah. Saya kan dari dulu independen, ya sudah sih, kenapa juga pakai gabung-gabung,'' ucap Cut Mini.

Cut Mini mengaku punya kelompok pengajian sendiri. Teman-temannya dari rombongan haji di tahun kemarin, menjadi kelompok pengajiannya saat ini.

''Ya enggak kenapa-kenapa, saya punya tempat sendiri, saya punya grup sendiri, grup haji saya adalah grup saya, jadi itu tempat saya belajar,'' tuturnya.

''Iya kita punya ustaz, kebetulan ustaz saya mendukung baik dan mengajarkan kita secara baik, nyaman, tenang, tidak ada kekerasan dalam kata atau apapun,'' tambahnya.

Meski demikian, Cut Mini tak akan menolak ajakan dari rekan-rekan di kelompok kajian artis hijrah tersebut. Namun, ia belum menerima ajakan kajian bersama.

''Ya kalau misalnya ada yang ngajak, enggak apa-apa. Tapi kalau saya (pilih) ke sana ya (grup pengajiannya),'' tutup Cut Mini.***