Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar kata Palembang? Pasti pempek kapal selam merupakan hal pertama yang terlintas di pikiran Anda, bukan? Padahal banyak sekali yang dapat Anda telusuri lebih banyak lagi mengenai kota terbesar kedua (setelah Medan) di Pulau Sumatra ini. Mulai dari bangunan, keindahan alam, hingga situs sejarah di Palembang mampu menyihir perhatian Anda ketika sedang menghabiskan waktu berlibur Anda di kota ini.

Sedikit membahas Palembang secara general, kota yang menjadi Ibu Kota Sumatera Selatan ini pernah menjadi Ibu Kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara. Maka dari itu Anda akan menemukan berbagai arsitektur bergaya Tiongkok ketika berada di Palembang. Bahkan beberapa kosa kata dalam bahasa Palembang juga terdapat kata serapan yang diambil dari bahasa Tiongkok. Selain itu, Palembang juga besar dengan nama Kerajaan Sriwijaya yang berhasil mendominasi Semenanjung Malaya pada abad ke-9 sehingga kota ini mendapat julukan “Bumi Sriwijaya”. Bahkan kota Palembang dikultuskan sebagai kota tertua di Indonesia menurut prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Palembang, artikel ini dapat menyajikan berbagai informasi mengenai destinasi wisata menarik di Palembang. Hanya dengan memesan tiket bus Restu Mulya Anda sudah dapat menikmati berbagai destinasi menarik di Palembang yang ada dalam artikel ini.

 1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Tempat wisata pertama yang harus anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Tempat ini wajib untuk anda kunjungi dikarenakan jembatan ini dan Sungai Musi merupakan ikon dari Kota Palembang. Jembatan Ampera adalah jembatan yang dibuat oleh rakyat Indonesia. Anda bisa berkunjung ke jembatan ini pada malam hari, hal itu dikarenakan saat malam hari jembatan Ampera akan sangat eksotik dipenuhi dengan lampu.

2. Masjid Cheng Hoo Palembang

Masjid ini bisa anda jadikan sebagai tempat wisata religi untuk kaum muslim. Sesuai dengan namanya, masjid ini merupakan masjid yang bergaya Tionghoa. Masjid tersebut merupakan bukti bahwa di bangsa China itu memiliki hubungan dengan agama islam. Masjid ini berwarna merah, sesuai dengan masyarakat China yang menyukai warna merah dan menganggap warna merah merupakan warna sakral. Selain anda bisa beriwisata religi ke masjid tersebut, anda juga bisa melihat lihat isi dari kelenteng yang ada di sebelah masjid.

3. Benteng Kuto Besak

Letak dari benteng ini dekat dengan jembatan Ampera. Oleh sebab itu tempat pertama yang bisa anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera, sehingga anda ketika udah berada di Jembatan Ampera akses untuk menuju tempat wisata lainnya yang ada di Palembang akan semakin mudah.

4. Bukit Siguntang

Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatan. Hal itu dikarenakan anda akan merasakan kesegaran dan juga keindahan saat berada di Bukit Siguntang tersebut. Bukit ini terletak di Bukit Lama, kecamatan Ilir Barat. Tinggi dari Bukit Siguntang setinggi 29 sampai dengan 30 meter di atas permukaan laut sehingga bukit ini sebenarnya tidak terlalu tingggi untuk tinggi sebuah bukit.

5. Hutan Punti Kayu

Hutan Puntu Kayu ini akan memberikan panorama yang indah bagi pengunjung yang datang. Panorama yang indah tersebut berupa hutan pinus yang hijau membentang dan didalamnya ada kebun binatang mini. Ada beberapa flora dan fauna yang dilindungi ada di dalam hutan itu, fauna yang dilindungi di hutan tersebut adalah kera ekor panjang, gajah dan masih banyak lagi. Kegiatan yang bisa dilakukan di Hutan Punti Kayu adalah atraksi gajah, berenang, menunggang kuda dan kegiatan yang asik lainnya.

6. Gunung Dempo Palembang

Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai suasana pegunungan dan suasana asri nan hijau. Obyek wisata di tempat wisata ini adalah pengunjung bisa melihat Gunung Dempo dari arah kejauhan. Di sekitar Gunung Dempo ada perkebunan teh menghijau yang siap memanjakan mata anda.

7. Pulau Kemaro

Salah satu tempat wisata bahari yang patut untuk anda kunjungi adalah Pulau Kemaro. Pulau ini adalah tempat wisata yang menarik bagi wisatawan sehingga tidak mengherankan jika pulau ini akan penuh saat musim liburan tiba. Pulau Kemaro lokasinya ada di tengah perairan Sungai Musi. Obyek wisata yang menarik di pulau ini adalah vihara. Vihara tersebut masih berfungsi sampai dengan saat ini, sehingga tidak mengherankan jika saat berkunjung kesana anda bisa meihat banyak umat Budhha yang berdoa dan berziarah di Vihara tersebut.