JAKARTA - Sulit dipercaya, ada orang yang bisa membeli dua Ferrari, mobil sport mewah, dari usaha berjualan celana dalam. Namun Hanan Supangkat telah membuktikannya. Saat ini Hanan memiliki Ferrari 458 Speciale dan Ferrari 360 Modena. Dikutip dari suara.com, pria kelahiran 1981 ini menjalankan bisnis celana dalam dengan merek Rider. Seperti apa sih cara dia menjalankan bisnis hingga bisa punya mobil sport mewah hingga didapuk menjadi Ketua Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI)? Simak ulasannya seperti dilansir dari laman Moneysmart.id.

Tak Andalkan Keluarga

Setelah menyelesaikan kuliahnya di California, Amerika Serikat, Hanan Supangkat diminta bekerja di perusahaan sang kakek H. Max Mulyadi Supangkat dan ayahnya Henry Supangkat yang telah lebih dulu terjun di bisnis tersebut.

Meski bekerja di perusahaan sang kakek dan ayah, Hanan Supangkat justru tidak hanya duduk di balik meja saja. Hanan Supangkat terjun langsung ke pabrik pembuatannya.

Menjadi anak owner tak membuatnya jadi bermalas-malasan, justru Hanan Supangkat merasa beban berat harus ditanggungnya karena harus menjalankan roda perusahaan keluarga.

Merambah ke Kota-kota Besar

Jangan difikir perusahaan yang dijalankan oleh keluarga Hanan Supangkat mulus dan selalu mencetak untung. Waktu Hanan Supangkat masuk ke perusahaan itu, market share-nya tak sampai 10 persen.

Merek-merek dagang lainnya rupanya mulai menguasai pasar. Tak ingin tergerus oleh merek dagang lain, Hanan Supangkat memutuskan untuk memperluas jalur distribusinya ke kota-kota besar seperti Surabaya, Semarang, Bali, Makassar, Palembang, Bangka, Medan dan Bandung.

Selain memasukan produknya ke Hypermart, Hanan Supangkat juga tak segan-segan untuk mendistribusikan barang dagangannya ke toko-toko kelontong.

Berani Berinovasi

Hanan Supangkat sadar bahwa kebutuhan akan celana dalam cukup besar. Namun, jika celana dalam yang dijual desainnya monoton, produknya bakal ditinggalkan.

Menyadari hal itu kemudian dirinya membuat terobosan dengan menciptakan celana dalam untuk sport hingga untuk anak-anak.

Inovasi membuat produk yang dijual Hanan Supangkat menjadi lebih beragam, sehingga orang mempunyai banyak pilihan untuk berbelanja.

Promo Menarik

Kalau berbicara soal promo, tak hanya ibu-ibu, bapak-bapak pun pastinya akan tertarik membeli barang dengan harga murah.

Hal itu rupanya dilakukan Hanan Supangkat, bahkan promo yang dilakukan Hanan Supangkat lebih gila lagi. Hanan Supangkat mempersilahkan para pembeli untuk menukarkan celana dalam lamanya untuk ditukar celana dalam baru produksinya. Gila!

Tapi cara itu cukup efektif untuk menarik konsumen dan menerapkan ingatan konsumen akan produk celana dalam Rider.

Bentuk Tim Solid

Sebuah perusahaan bisa maju karena memiliki tim yang solid. Jangan harap bisa maju kalau tim yang dikelola tak diperhatikan.

Sebelum Hanan Supangkat masuk ke perusahaan keluarga, Hanan Supangkat baru mengetahui bahwa pekerja yang ada di perusahaan tersebut tak pernah diajak training atau sekadar outing jalan-jalan bersama untuk memperkuat tim.

Sadar akan pentingnya tim yang solid, Hanan Supangkat kemudian mulai mencoba lebih dekat dengan tim dan pekerja yang dipimpinnya.

Hasilnya, tim semakin solid, perusahaan berjalan dengan semangat kerja keras bersama tanpa ada rasa canggung satu sama lainnya.***