JAKARTA - Mungkin ada yang belum tahu, bahwa pria juga berisiko terserang kanker payudara. Memang risikonya tidaklah sebesar pada wanita. Dikutip dari dream, penyebab kanker payudara pada pria belum diketahui secara jelas. Tapi pada dasarnya kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara membelah lebih cepat dari pada sel yang sehat.

Setelah itu, sel-sel yang terakumulasi membentuk tumor yang dan menyebar ke jaringan di dekatnya, kelenjar getah bening atau bagian lain dari tubuh. Ada gejala khas kanker payudara pada pria yang wajib diwaspadai, seperti dilansir Boldsky.

1. Benjolan

Laki-laki sering mengabaikan benjolan di dada. Biasanya tanpa rasa sakit, benjolan ini kadang terasa lembut saat disentuh. Jika kanker telah menyebar, pembengkakan dapat terlihat di bawah ketiak atau di sekitar tulang leher.

2. Puting masuk

Saat tumbuh, tumor/kanker payudara mulai menarik ligamen di dalam payudara. Efeknya, menyebabkan puting menjadi masuk dan disertai dengan kulit kering serta bersisik.

3. Keluar cairan

Pada beberapa kasus, puting juga mengeluarkan cairan. Biasanya tanpa disertai rasa sakit lalu muncul noda di dada. Cairan tersebut merupakan cairan tumor yang bocor keluar dari saluran puting.

4. Luka terbuka

Dalam beberapa kasus ekstrem, terdapat luka terbuka pada puting ketika tumor hampir tumbuh melalui kulit. Awalnya seperti jerawat, namun lama kelamaan luka menjadi lebar dan kadang disertai darah dan nanah.***