JEMBER - Kantor Kepala Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur, viral di media sosial. Sebab, bangunan kantor tersebut mirip dengan Istana Negara.

Dikutip dari Tribunvideo yang melansir Kompas.com pada Jumat (20/7/2018), Kantor tersebut berada di sekitar areal persawahan. Warga yang penasaran pun berdatangan ke kantor desa tersebut.

''Viral di medsos, saya saja orang Jember baru tahu kalau kantor desa ini mirip dengan Istana Negara. Makanya ke sini, dan ternyata sungguh mirip sekali,'' kata seorang warga bernama Ahmad.

Warga yang berdatangan pun berfoto di depan kantor yang mirip dengan Istana Negara tersebut.

''Ternyata mirip sekali dengan Istana Negara. Jadi enggak usah jauh-jauh datang ke Jakarta, kalau hanya ingin foto di depan Istana Negara sebab di sini ada,'' kata Erwin, pengunjung lain seperti dilansir dari Kompas.com.

Pembangunan kantor desa tersebut ternyata membutuhkan waktu sekitar empat tahun.

''Kantor ini mulai dibangun sejak tahun 2014, dan baru diresmikan tanggal 7 Juli lalu. Jadi, pembangunannya dilakukan secara bertahap karena anggaran yang kita miliki terbatas jumlahnya,'' kata Kepala Desa Kemuningsari Kidul Sujarwo Adiyono kepada Kompas.com.

Selama empat tahun, pemerintah desa mengeluarkan dana yang cukup fantastis, yaitu Rp1,8 miliar.

''Dana itu bersumber dari sisa belanja alokasi dana desa, dari pendapatan desa, bagi hasil pajak, dan swadaya masyarakat,'' tambahnya.***