PEKANBARU - Anisa Ghaisani, mahasiswi Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) Pekanbaru, berhasil menciptakan sebuah robot tangan. Robot mini ini diciptakan dengan memiliki tiga fungsi. Mahasiswi semester akhir ini menjelaskan bahwa robot yang diciptakannya itu merupakan tugas akhir dirinya yang merupakan salah satu syarat kelulusan.

''Robot ini bisa meniru pergerakan pengendali, kemudian memindahkan benda dari satu ke titik ke 9 titik yang tersedia, dan ketiga menyimpan gerakan dan menampilkannya kembali,'' ucap mahasiswi D3 (Diploma 3) PCR, belum lama ini.

Wanita berhijab ini menjelaskan, penerapan dari robot lengan ini dapat dikembangkan untuk membantu kegiatan sehari-hari dalam pemindahan benda.

"Robot ini nantinya juga dapat dikembangkan untuk kebutuhan industri. Selain itu, robot ini bisa digunakan untuk entertain dan edukasi kepada anak-anak," imbuhnya.

Dia juga menjelaskan untuk menciptakan robot berwarna biru ini, Annisa membutuhkan waktu kurang lebih 4 bulan untuk menyelesaikan pembuatan robot lengan ini.

''Robot ini merupakan bahan tugas akhir saya sebagai salah satu syarat kelulusan dari Politeknik Caltex Riau. Butuh waktu lama untuk menyelesaikan robot lengan ini, mulai dari perancangan, pembuatan,'' jelasnya.

Dia juga menambahkan, pergerakan robot ini masih belum tergolong smooth dan bisa dikembangkan untuk penggunaan sensor untuk memindahkan benda.

''Tantangan dalam pembuatan robot lengan ini yakni saat tahap pembuatan programnya,'' imbuhnya. ***