JAKARTA - Naiknya asam lambung akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan bisa terasa sangat menyiksa. Padahal sesungguhnya mengatasi asam lambung naik tidaklah sulit. Seperti dikutip dari okezone.com, yang melansir dari Femalefirst, Jumat (1/6/2018), untuk mencegah asam lambung menjadi naik, yang pertama dilakukan sebisa mungkin menghindari makanan-makanan pedas.

Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan jaringan di saluran pencernaan, dan makanan pedas disebutkan dapat malah makin memperburuk keadaan ini.

Kemudian selain makanan pedas, kurangi konsumsi alkohol, cokelat, makanan berlemak ataupun yang digoreng serta daging. Begitu juga dengan minuman teh peppermint, harus dihindari agar asam lambung tak tinggi.

Pasalnya, peppermint disebutkan dapat melemaskan otot LOS yang mana situasi ini memungkinkan cairan asam lambung naik kembali dan dapat memperparah gejala sakit.

Selain itu, tidak hanya soal jenis makanan yang diasup. Porsi makanan yang dikonsumsi pun juga harus diperhatikan. Soal porsi makan, untuk menghindari asam lambung menjadi naik disebutkan sebaiknya porsi makanan dalam sekali makan itu janganlah terlalu besar.

Alih-alih sekali makan banyak yang bisa menekan pencernaan, disarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi teratur.

Begitu juga dengan waktu makan, jika sudah tengah malam sebisa mungkin untuk tidak lagi makan alias mengonsumsi apapun. Hal ini bertujuan agar produksi asam lambung tidak meningkat ketika Anda sedang mencoba untuk tidur.

Disebutkan pula, saat tidur disarankan untuk tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat untuk mencegah terjadinya refluks.

Kemudian, jika Anda adalah seorang perokok mungkin sudah saat saatnya untuk mulai mengurangi kebiasaan tak sehat ini.

Tahukah Anda bahwasanya kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam rokok dapat membuat otot LOS jadi terbuka dan membuat peluang meningkatnya asam lambung jadi lebih besar terjadi.***