BANJARBARU - Sekitar 90 persen wanita di kampung ini merupakan janda. Sehingga tidak mengherankan bila kampung ini disebut Kampung Janda. Kampung Janda adalah nama lain untuk Kampung Batuah, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dikutip dari tribunnews.com, di kampung ini bisa ditemukan mulai dari janda tua hingga janda muda, janda banyak anak hingga satu anak, janda dari beberapa suami hingga satu suami, janda ditinggal mati, maupun janda cerai.

Ketua RT 03, Batuah, Kelurahan Kemuning, Kota Banjarbaru, Ahmad Norhansah mengatakan, Kampung Batuah memang dikenal memiliki banyak janda.

Hanya sekitar tiga rumah yang tak memiliki janda di dalamnya. ''Mungkin cuma tiga buah rumah saja yang tak ada jandanya,'' kata dia saat ditemui Jumat (14/4/2017).

Tanpa disadari, Kampung Batuah banyak dihuni para janda, baik sebagai kepala keluarga maupun sebagai anak dari janda yang juga menjadi janda.

Dalam satu buah rumah bisa ada dua atau tiga janda di dalamnya. ''Ada sekitar 26 kepala keluarga yang merupakan seorang janda, dari 37 rumah. Tapi kalau dihitung per kepala hampir 90 persen perempuan di sini janda,'' jelasnya.

Kebanyakan memang janda ditinggal suami meninggal duluan, dan rata-rata sudah berumur 50 ke atas, namun ada juga janda dengan usia 25 ke atas.***