KUALA LUMPUR - Kalau membaca kisah ini, mungkin sulit dipercaya bahwa ada orang yang bisa dengan mahir mengoperasikan laptop dan gawai (telepon seluler/ponsel) menggunakan lidah. Kisah mengharukan dan inspiratif ini datang dari Malaysia. Nursamawati Mahmud, seorang wanita yang mengalami kelainan pada tangan dan kakinya, mahir mengoperasikan laptop dan gawai menggunakan lidahnya.

Dikutip dari dream yang juga mengutip dari World of Buzz, Kamis, 18 Januari 2018, Nursamawati yak akrab dipanggil Kak Long, punya kelainan fisik sejak berusia 1 tahun. Kaki dan tangannya bengkok dan tidak tumbuh sempurna.

Wanita asal Kampung Gajah Kelong, Pendang ini menggunakan gawai untuk mempromosikan bisnis kecap dan saus keluarganya di media sosial.

Kerja keras Kak Long mengiklankan bisnis produk pangan bermerek 'Mahmudah' ini berbuah manis. Produknya terjual sebanyak 4 ribu botol setiap bulan.

Awalnya Sulit, Kini Mahir

Anak pertama dari lima bersaudara pasangan Saudah Shaari dan Mahmud Hussin ini mengaku awalnya kesulitan mengoperasikan gawai dengan lidah. Kini, dia sudah terbiasa.

Dia bahkan bisa mengetik cepat dengan lidah. Kak Long juga sering mengunggah foto sambal dan kecap ke jejaring sosial.

Kak Long begitu gigih dan tidak mudah menyerah. Alhasil, usaha orangtuanya berkembang pesat.

Semangat Juang Tinggi

Sang ibu, Saudah, mengatakan Kak Long punya semangat juang yang tinggi. Yang diinginkan wanita ini hanyalah bisnis orangtuanya sukses.

''Dia tidak pernah menyerah dan selalu mempromosikan kecap dan saus dari ponselnya,'' kata Saudah.

Kebanggaan sang ibu kepada putri sulungnya tidak hanya itu. Kak Long adalah wanita 33 tahun ini gemar membaca buku sampai benar-benar paham isinya.

''Ini adalah kelebihan yang tidak dimiliki oleh saudara-saudaranya yang lain,'' kata Saudah.***