POLA makan yang tidak sehat menyebabkan kolesterol tinggi. Selanjutnya, kolesterol tinggi akan memicu munculnya masalah pada jantung. ''Kolesterol tinggi menjadi faktor pemicu masalah pada jantung. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari yaitu daging merah dan makanan gorengan,'' ujar spesialis jantung dan pembuluh darah, Prof Dr dr Budhi Setianto, Sp.JP, dalam Temu Media Nutrive Benecoal: Gerakan Jantung Sehat-Indonesia Tangkal Kolesterol, di kawasan Senayan, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Menurunkan kolesterol ternyata tidak membutuhkan cara yang sulit.

Dalam acara bertajuk Cara Enak Turunkan Kolesterol itu, cukup dengan pengolahan yang tepat dapat menurunkan angka kolesterol tinggi.

''Jangan pakai minyak berulang, kunci menurunkan kolesterolnya adalah di pengolahan. Caranya biar makanan tetap enak tanpa digoreng, misal olive oil dioleskan di daging salmon lalu dipanggang,'' ujar Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vito A. Damay, Sp.JP(K), di kesempatan yang sama.

Dengan begitu, rasa dari salmon tetap enak dan nikmat seperti halnya usai digoreng dengan minyak. Selain itu, Vito menganjurkan pembagian porsi makanan dalam piring makan.

''Di piring, setengahnya langsung isi pakai sayur lalu sekepal karbohidrat dan setelapak tangan lauk. Dengan serat yang cukup, membuat tubuh tetap kenyang dalam waktu lama sehingga menghindari pilihan makanan yang sembarangan dan dalam porsi banyak,'' ujar dr Vito.***