JAKARTA - Janda almarhum Ustaz Jefri Al Bukhori (UJe), Dian Irawati alias Umi Pipik menulis pesan di media sosial melalui akun @_umipipik_, yang isinya membuat warganet penasaran. Warganet menduga-duga, siapa yang disindir Umi Pipik melalui postingan yang tulisannya cukup panjang tersebut. Ibu empat anak ini mengingatkan, tak seharusnya masalah rumah tangga seseorang diumbar ke media sosial.

''Sosmed mu bukanlah diary... jadi gak perlu curhat apapun ...Apalagi yg menjadi urusan rumah tangga...Aib istri, kekurangan istri cukup suami sj yg tau... begitu juga aib suami, kekurangan suami cukup istri saja yg tau... gak perlu org lain tau..,'' tulisnya, sebagaimana diakses Dream pada Selasa 22 Agustus 2017.

''Jadilah pakaian masing2 yg menutupi dgn sempurna... dan gak perlu juga mengumbar aib org lain...bukankah kita juga punya aib?? Dulu di jaman Rasulullah saat ada sahabat mencium bau yg menyengat lalu sahabat bertanya kpd rasul ''bau apakah ini menyengat sekali?'' Maka Rasul katakan ''bau ini krn diantara kalian ada yg membuka aib org lain...''Kalau di jaman sekarang bau itu sdh tdk tercium lagi karena saking banyaknya org saling membuka aib orang lain,'' imbuhnya.

Umi Pipik menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Bila ada masalah, tulis dia, lebih baik mencurahkan permasalahnnya kepada Sang Pencipta, yakni Allah SWT.

''Jadi hati2lah dlm menggunakan sosmed... jangan sampe jari2 dan matamu yg akan memberatkan tibanganmu di akherat kelak...cukuplah Allah tempat terbaik dlm keluh kesahmu...Tdk ada manusia yg tidak diuji... maka kembalikan semua kpda yg memberikan pertanyaan dlm ujianmu... karena DIA yg mempunyai jawaban atas semua pertanyaan ujianmu,'' sambungnya.

Bagi mereka yang berkonsultasi kepada ustaz atau ustazah, sebaiknya disampaikan langsung, bukan melalui media sosial karena sama saja bisa membongkar aib rumah tangga.

''dan utk yg bertanya kpd ustadz/ustadzah tentang permasalahan rmh tangga gak perlu di kolom komen krn sama saja kamu membuka aibmu sendiri... bisa di kolom DM bukan?? .. Maaf atas kebodohan tulisan ini.... maafin juga yg DM nya blm dibalas...krn begitu banyaaak DM yg masuk jd harus satu2 .. sabar yaaa" tutupnya.

Namun, tulisan ini dihapus. Tak lagi terlihat di akun Instagram @_umipipik_. Tapi, tulisan itu kembali diunggah ke Instagram oleh akun @makrumpita. Dan unggahan itu dikomentari oleh banyak netizen.

Banyak pengguna Instagram yang menerka-nerka untuk siapa nasihat Umi Pipik. Beberapa di antara mereka mengait-kaitkan tulisan perempuan 39 tahun dengan permasalahan rumah tangga Caisar dan Indadari, serta keluarga Opick.

''Buat indadari ya,'' tulis akun @kiranawidyaa.

Sementara, akun@justke berkomentar, ''iiijk kira buat istri opick.''

''Kayaknya nyindir istri opick. Masa iya nyindir inda.. Mereka sahabatan kan ?? *cemiwiw,'' tulis akun @rusliantizakie.

Memang, keluarga kedua pasangan yang dikait-kaitkan dengan tulisan ini tengah diterpa masalah. Caisar telah menjatuhkan talak pertama kepada Indadari. Sementara, Opick dikabarkan tengah digugat cerai oleh istrinya.***