Posisi PAN di koalisi pendukung pemerintah kian rawan. Parpol koalisi lainnya merasa tak nyaman, bahkan Presiden Jokowi sudah angkat bicara soal manuver terakhir parpol berlambang matahari putih itu. PDIP, Nasdem, Hanura, PPP, PKB dan Golkar sudah bicara soal posisi dan manuver PAN selama ini. PDIP bisa dikatakan yang paling keras menyengat, mengungkit jatah kursi menteri hingga soal etika koalisi.

PDIP terang-terangan mengusir PAN dari koalisi pendukung pemerintah. Perdebatan petinggi kedua partai di ruang publik juga makin meningkat eskalasinya, apalagi setelah PAN beda sikap di paripuna.

PDIP menyebut PAN menikam pemerintah dari belakang dan tak tahu etika koalisi. PAN balik menuding PDIP sama bandelnya terhadap Jokowi. PDIP meminta PAN diam. PAN juga meminta kader partai berlambang banteng moncong putih itu diam.

"Tentu saja politik itu mencerminkan kata dan perbuatan. Berpolitik itu ada etika politik. Berpolitik itu dilandasi komitmen di dalam menyatakan dukungan kepada pemerintah di tingkat implementasi, di DPR dan rakyat," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat ditanya soal manuver PAN di pembahasan UU Pemilu, Jumat (21/7/2017) malam. pengambilan keputusan UU Penyelenggaraan Pemilu (UU Pemilu).