JAYAPURA - Bentrok antara dua kelompok pendukung calon bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua kembali pecah di kota Mulia. Sedikitnya 4 orang terluka dan puluhan rumah dibakar massa.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal melalui Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Papua, AKBP Anthon B Maring mengatakan bahwa bentrok terjadi pada Minggu (2/7/2017) sekitar Pukul 17.15 WIT bertempat di Posko pemenangan Pasangan Calon (paslon) nomor urut 3 (Yuni Wonda–Deinas Geley) di Kampung Pagaleme Distrik Pagaleme.

"Terjadi aksi saling serang dengan panah, sekitar pukul 15.00 WIB dari kelompok massa paslon nomor urut I yakni Pasangan Yustus Wonda-Kirenius Telenggen melepaskan anak panah ke arah posko no urut 3. Namun massa nomor urut 3 tidak menanggapi. Selanjutnya pada pukul 17.15 WIT massa pendukung dari paslon Nomor urut 1 dan 2 Henock Ibo-Rinus Telenggen sekitar 100 orang dipimpin Jhon Wonda menyerang ke posko No urut 3, sehingga terjadi saling serang dengan panah," ujar Kombes Pol Kamal, melalui rilis pada Senin (3/7/2017).

Sekitar Pukul 18.10 WIT lanjut Kamal, personel Polres Puncak Jaya bersama Brimob tiba di lokasi kejadian untuk memisahkan kedua kelompok yang sedang bertikai dan berhasill menenangkan kedua kelompok massa dan mengarahkan ke Posko masing-masing.

Kamal menyebut, dari kejadian tersebut, 4 orang dari kubu dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya yang bertikai mengalami luka akibat terkena panah. Selain korban luka, akibat bentrok ini juga terjadi pembakaran rumah dan sepeda motor.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan kembalinya aksi saling serang kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, aparat Polres Puncak Jaya bersama personil Brimob bantuan Polres Puncak Jaya melaksanakan pengamanan di antara posko gabungan pasangann nomor urut 1 dan 2 dengan posko Pasangan calon No urut 3.

Situasi di kota Mulia Puncak Jaya sampai saat ini masih mencekam, sebagian masyarakat memilih untuk mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman.

Diketahui Pilkada Puncak Jaya diikuti oleh tiga pasangan calon yang ketiganya adalah pucuk pimpinan di daerah itu. Ketiganya adalah mantan wakil Bupati Puncak Jaya Yustus Wonda-Kirenius Telenggen, lalu ada juga petahana Henock Ibo-Rinus Telenggen, dan mantan Sekda Puncak Jaya Yuni Wonda-Deinas Geley. ***