Setelah sepuluh tahun membina rumah tangga, mantan anggota Spice Girls Mel B memilih mengakhiri pernikahannya dengan Stephen Belafonte. Pada Maret lalu, Mel B melayangkan gugatan cerainya sembari mengungkapkan alasannya yang sudah tak tahan dengan kekerasan yang dilakukan sang suami.

Kendati ingin melepaskan diri dari KDRT yang ia alami, Mel B juga harus ikhlas kehilangan hartanya akibat tak pernah membayar pajak selama hidup bersama Belafonte.

Baru-baru ini dalam persidangan perceraian perdananya, pengadilan Los Angeles mengungkapkan bahwa pasangan tersebut memiliki utang pajak akibat gaya hidup mewah mereka. Sisa uang yang dimilikinya pun hanya 961 poundsterling atau Rp 16,8 juta.

Lantas, seperti apa perjalanan rumah tangga pemilik nama asli Melanie Brown itu bersama Belafonte yang berujung perceraian, mengutip Daily Mail.

Juni 2007

Keduanya dilaporkan mengikat hubungan asmara dalam simpul pernikahan dengan sebuah prosesi sakral yang digelar secara rahasia di Las Vegas. Diketahui Mel dan Belafonte yakin menikah setelah menjalin asmara selama lima bulan.

Agustus 2007

Secara terbuka, Mel membela masa lalu Belafonte yang bersikap kasar ke mantan istrinya Nicole Contreras pada 2003. 

"Mereka mencoba membuatnya terlihat agresif, pemukul wanita, kejam dan dia tidak melakukan itu," kata Mel kala itu.

November 2008

Sang Ibu Andrea sempat mengungkapkan kekhawatirannya akan sikap dan masa lalu sang menantu Belafonte.

September 2011

Keduanya bersuka cita menyambut kelahiran buah hati perempuan mereka yang diberi nama Madison.

Desember 2014

Mel B terlihat luka-luka dan memar. Dia pun tak menggunakan cincin pernikahannya saat menjadi juri di The X Factor Inggris, setelah secara misterius dirawat di rumah sakit menjelang pertunjukan pertama.

Sementara, melalui akun Twitter-nya, Belafonte mengelak telah melakukan kekerasan fisik pada sang istri. Melihat kondisi itu, sang ibu Andrea dan saudara perempuannya, Danielle mengklaim bahwa mereka menemukan kebohongan atas kondisi Mel B.

Setelah mengungkapkan hal itu, Andrea mengaku menerima telepon ancaman dari Belafonte.

Januari 2015

Mel menyangkal bahwa dirinya dikurung di dalam rumah di London oleh Belafonte pada Desember sebelumnya.

Mei 2016

Mel merencanakan untuk memperbarui janji pernikahan mereka dan mengungkapkan tekad untuk melangsungkan pernikahan kedua.

"Stephen agak gila, tapi kemudian saya sedikit gila jadi sepertinya begitu," ujar Mel kala itu.


Maret 2017

Kematian sang ayah Martin Brown setelah berjuang melawan kanker menjadi momen pertama Mel bersatu kembali dengan sang kakak Danielle setelah delapan tahun.

Tak lama setelah itu, Mel B memberanikan diri menggugat cerai Belafonte dengan klaim sang suami melakukan tindak kekerasan selama pernikahan mereka.

Dia mengatakan sang suami telah melukai dan menghancurkan kepercayaan dia, serta mengancam akan membocorkan rekaman seks kepada media bila Mel B meninggalkan Belafonte. 

Mel B pun turut mengungkapkan bahwa Belafonte telah menghamili asisten rumah tangga mereka dan mengklaim bahwa pelecehan itu sangat buruk.

April 2017

Mel B menghadiri pemakaman sang ayah tanpa kehadiran Belafonte. Sang suami diketahui terlihat pergi makan malam dengan wanita misterius.

Juni 2017

Persidangan cerai pertama mereka dilakukan, dan Mel B dilaporkan mengalami kebangkrutan setelah diketahui keduanya memiliki utang pajak akibat gaya hidup mewahnya. 

Ketika sang mantan suami tak memiliki penghasilan, Mel B harus menanggung tunggakan utang seorang diri dengan penghasilan yang didapatny dari berkarir bersama Spice Girls. Kini, uang Mel B dalam rekening salah satu perusahaannya hanya tersisa 961 poundsterling atau Rp16,8 juta.