JAKARTA - Minimnya sentimen positif di pasar modal serta perlambatan data konsumsi menjelang puasa menjadikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi melemah. IHSG bergerak di rentang 5.682 - 5.733.

Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang, dalam risetnya, menyebutkan net sell asing sekitar Rp -6.48 triliun. Sehingga net buy asing hingga hari ke-1 minggu ke-26 sebesar Rp22.32 triliun. Maka, Selasa ini IHSG ES perkirakan berpotensi turun dalam range terbatas.

Dia juga menyoroti kinerja PT Nippon Sari Roti (ROTI) yang akan melakukan RUPSLB 7 Juli 2017 untuk penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (rights issue) dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 1.150.000.000 saham dengan nominal Rp20 per saham.

"Bagi pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETD akan alami dilusi sebesar 18,52% dimana dana hasil right issue tersebut untuk ekspansi usaha dan modal kerja," katanya di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Kemudian, dia menyoroti kinerja PT Waskita Karya (WSKT). Waskita memiliki sejumlah proyek yang akan segera dibuka dalam waktu dekat. Beberapa ruas jalan tol secara fungsional dalam rangka menyambut mudik Lebaran 2017.

Ruas jalan yang tol yang dibuka fungsional adalah Tol Trans Jawa yang diantaranya meliputi, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, serta sebagian ruas Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pasuruan.

Kemudian, untuk ruas jalan Trans Sumatera yang dibuka adalah ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheni-Terbanggi Besar.

Selain itu, perseroan juga membangun proyek LRT di Palembang dengan nilai investasi Rp9,8 triliun dengan panjang trase 23,4 km dimulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II hingga Stadion Jaka Baring Palembang. Perkembangannya hingga saat ini pengerjaan LRT mencapai 39,36%.

Adapun saham - saham yang direkomendasikan adalah BRPT, BBCA, BBNI, BJBR, CPIN, JPFA, HRUM, INDF, ICBP, SMGR, TINS, UNTR, PGAS, ISSP.