Manfaat daun jarak memang sudah sangat lazim digunakan orang sebagai tanaman herbal. Maka dari itu, tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup itu, banyak yang mencarinya karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sejak dulu, tanaman jarak sudah menjadi rebutan para penjajah. Karena tanaman ini memiliki manfaat menyeluruh dari daun, buah sampai bijinya. Saat ini banyak penelitian tentang minyak jarak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Tentu saja hal ini masih perlu kajian lebih lanjut untuk dapat menggantikan posisi barang tambang, minyak yang masih sangat dibutuhkan. Namun dalam artikel ini, akan kita bahas secara fokus tentang manfaat daun jarak bagi manusia.

Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan

Selain dikembangkan menjadi bahan bakar, daun jarak telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal. Berikut ini beberapa khasiat daun jarak untuk mengobati penyakit :

1. Mengatasi susah buang air besar

Daun jarak yang masih segar, kemudian kukus dan dapat dimakan sebagai lalapan pada makanan anda. Hal ini efektif sekali untuk melancarkan BAB.

2. Menurunkan panas pada bayi

2 sampai 3 helai daun jarak yan sudah bersih. kemudian olesi minyak makan yang masih baru. Panaskan daun diatas api kompor 2 menit sampai panas terasa merata. Letakkan daun pada perut dan punngung bayi atau agar tidak mudah lepas, dapat dipasangkan dalam gurita bayi

3. Mengobati Kurap

Minyak jarak efektif mengobati kurap dan masalah kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.

Membuat Gede Alat Vital

Mungkin salah satu yang di cari para pria untuk meningkatkan ‘kepercayaan diri’, daun jarak telah dipercaya sejak lama dapat membantu masalah ini.

Cara Penggunaan:

  1. Ambil 10 lembar daun jarak
  2. Sediakan 1 buah jeruk nipis.
  3. Sediakan minyak zaitun secukupnya.
  4. Tumbuk daun jarak bersama dengan buah jeruk nipis hingga menyatu
  5. Lakukan pemijatan alat vital dengan minyak zaitun terlebih dahulu sehingga hangat.
  6. Lakukan pemijatan dengan ramuan daun jarak yang telah di aduk halus dengan jeruk nipis.
  7. Ramuan ini dapat dipakai untuk 3 kali pemijatan.

5. Ampuh mengobati Rematik

Jika anda mengalami rematik, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan daun jarak sebagai pengobatan tradisional.

Cara Penggunaan : 

  1. Sediakan 5-8 lembar daun jarak
  2. Tumbuk halus dicampurkan dengan air hangat (sedikit)
  3. Oleskan pada lokasi rematik atau masalah kulit seperti exim
  4. Lakukan 3 x sehari.