MUNGKIN Anda biasa menggunakan jahe sebagai bumbu masakan. Tapi, tahukah Anda bila jahe juga memberikan manfaat bagi kesehatan? Salah satu rempah di dapur ini mengandung senyawa alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karenanya, Anda bisa mengonsumsi jahe untuk menjaga kesehatan.

Berikut manfaat mengonsumsi jahe untuk kesehatan

Efektif mengatasi mual, morning sickness saat hamil

Jahe efektif melawan morning sickness, mual atau muntah saat hamil. Jahe juga bisa meredakan muntah pada pasien kanker dan setelah operasi. Anda bisa mengonsumsi 1 sampai 1,5 gram jahe untuk mencegah mual.

Mengurangi nyeri haid

Jahe bisa digunakan untuk meredakan nyeri haid. Bumbu dapur ini sama efektifnya dengan obat ibuprofen dan mefenamat. Anda hanya perlu mengonsumsi 1 gram jahe sehari selama 3 hari pertama menstruasi. Hal ini akan mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Menyembuhkan sakit maag

Jahe efektif melawan sakit maag. Jahe akan menjaga pencernaan tetap sehat. Bumbu dapur ini dikatakan lebih efektif daripada obat yang digunakan untuk mengobati maag.

Menenangkan sistem pencernaan

Jahe membantu pencernaan dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Rempah ini telah digunakan secara tradisional untuk mengobati sakit perut dan nyeri. Jahe berisi senyawa yang disebut karminatif, di mana akan menenangkan pencernaan dan menghilangkan gas berlebihan.

Mengurangi rasa sakit dan nyeri otot

Jahe efektif melawan nyeri otot dan nyeri akibat olahraga. Jahe mungkin tidak memberi bantuan instan, tapi akan mengurangi rasa sakit pada otot secara perlahan.