APA yang Anda rindukan ketika berada jauh dari rumah? Suasana dan kehangatan penghuni rumah? Bersantai sambil menonton televisi di ruang tengah? Istirahat berkualitas di kasur yang empuk? Apa pun yang Anda rindukan dari rumah, tentunya tak lepas dari ruangan yang sejuk dan nyaman. Bayangkan saja jika ruangan terasa panas, bukan saja tak nyaman, mungkin Anda dan si kecil mungkin tak betah di rumah.

Di daerah dengan suhu udara cukup panas, sejuknya udara ruangan tak lepas dari peran penyejuk ruangan atau AC. Sebegitu pentingnya peran AC sehingga kita tak bisa melewati sehari pun tanpa menggunakan penyejuk ruangan ini. Di sisi lain, penggunaan AC yang terus menerus juga membutuhkan daya listrik.  

Menilik fakta yang ada, sekitar 50 persen dari tagihan listrik Anda berasal dari penggunaan AC. Dengan menghemat penggunaan listrik AC 50 persen, Anda dapat menurunkan tagihan listrik hingga 30 persen.

Nah, hunian yang nyaman dan sejuk tak berarti boros listrik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik dengan cara cerdas.

1.  Manfaatkan udara alami

Pastikan udara di dalam rumah atau apartemen Anda bertukar dengan udara segar di pagi hari. Bukalah jendela kamar dan ruangan agar udara pagi hari bisa masuk. Ini bisa menyiasati agar Anda tak perlu menyalakan AC dari pagi karena udara di dalam ruangan masih sejuk dan segar.

2. Penggunaan yang efektif

Matikan AC, TV, dan komputer saat Anda akan keluar ruangan, apalagi jika Anda akan meniggalkan rumah dalam waktu lama. Untuk AC, Anda bisa menggunakan timer.

3. Atur suhu tepat

Saat menyalakan AC, disarankan untuk mengatur temperatur pada suhu 24-25 derajat Celcius. Dengan temperatur tersebut, kerja kompresor AC tidak terlalu berat karena suhu ruangan lebih mudah tercapai.  Selain itu, dengan tercapainya suhu ruangan, putaran kompresor AC juga akan berkurang kecepatannya dan ini akan menghemat energi terutama pada AC inverter.

4. Pilih produk hemat energi

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, udara yang panas membuat kita seringkali tak bisa lepas dari penggunaan AC. Anda bisa menyiasatinya dengan memilih produk AC yang efisian dalam konsumsi listrik dan perawatannya.