Tanaman yang memiliki nama latin Mintha Spacata ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman herbal yang paling populer dan paling berkembang di seluruh dunia. Daun mint juga dapat dimanfaatkan untuk bahan tambahan masakan. Hal ini karena daun mint memiliki rasa manis dan juga sensasi rasa dingin serta menyegarkan setelah memakannya. Tak hanya itu saja, selain digunakan untuk bahan tambahan masakan, daun mint juga telah dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki manfaat bear untuk kesehtan. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Mint yang Perlu Anda Ketahui

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat daun mint untuk kesehatan pertama adalah untuk mengatasi dan mengobati gangguan pada pernapasan. Kandungan mentol pada daun mint sangat ampuh untuk meringankan pernapasan seperti hidung tersumbat saat flu. Tak hanya itu saja, daun mint juga berguna untuk penderita asma karena daun mint dapat melonggarkan kontraksi bronkus jadi hal ini dapat membantu untuk melancarkan pernapasan yang tersumbat.

Mangatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan biasanya disebabkan karena kurangnya serat dalam tubuh. Namun Anda jangan khawatir, mengonsumsi daun mint secara langsung dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan effect anastesia daun mint juga bermanfaat untuk meringankan rasa sakit dan kram pada perut. Selain itu, daun mint juga mengandung senyawa yang dapat mencegah pembentukan gas dalam perut.

Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut disebabkan karena sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut sehingga ini menyebabkan bakteri berkembang biak dan menyebabkan bau mulut. Cobalah untuk menggunakan daun mint untuk mengatasi hal tersebut, aroma dan rasa pada daun mint dapat menyegarkan dan mengatasi masalah bau mulut. Untuk caranya, cobalah untuk mengonsumsi daun mint segar maupun kering. Caranya adalah dengan menambahkan daun mint tersebut pada seduhan teh yang akan Anda nikmati.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya dan paling ditakuti. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun mint berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab segala macam penyakit salah satunya yaitu kanker. Tak hanya itu saja, daun mint juga kaya akan vitamin A serta beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.