TERKADANG, kita tidak sadar kandungan di dalam makanan dapat membahayakan kesehatan. Karena, biasanya kita telah terlena dengan nikmatnya makanan tersebut. Sejumlah makanan lezat memang memanjakan lidah. Tapi, terkadang tersembunyi kandungan-kandungan tertentu yang membahayakan kesehatan, termasuk memicu peradangan.

Berikut kandungan dalam makanan yang dapat memicu peradangan seperti dilansir dari laman Boldsky:

Minyak nabati

Beberapa makanan yang mengandung minyak nabati adalah dressing salad, saus barbekyu, dan keripik kentang. Minyak nabati memiliki konsentrasi tinggi lemak inflamasi, omega 6, dan akan menimbulkan malapetakan bagi kesehatan Anda. '

Tepung yang dimurnikan

Tepung terigu halus telah diketahui tanpa serat dan nutrisi yang mudah larut. Karena itu, ketika tubuh mencerna makanan yang mengandung glukosa ini, kadar gula darah Anda bisa meningkat, sehingga juga dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin.

Pemanis buatan

Pemanis buatan diketahui meningkatkan risiko intoleransi glukosa dengan cara mengubah mikrobioma usus. Bila tubuh tidak dapat memetabolisme glukosa dengan benar, maka dapat menyebabkan pelepasan sitokin inflamasi yang lebih besar.

Pewarna buatan

Bahan pewarna buatan yang terbuat dari minyak tertentu diketahui mengganggu fungsi hormon, dan menyebabkan tumor. Selanjutnya, sistem kekebalan tubuh mencoba untuk mempertahankan tubuh dari pewarna sintetis ini, akhirnya mengaktifkan kaskade inflamasi.

Lemak jenuh

Lemak jenuh diketahui memicu peradangan jaringan adiposa putih. Seiring sel-sel lemak menjadi lebih besar dengan asupan lemak jenuh yang lebih besar, mereka melepaskan agen pro-inflamasi yang meningkatkan peradangan sistematik.