TAMAN Nasional Baluran di Jawa Timur semakin hari semakin diminati pelancong domestik. Keindahannya memang sempurna dan sangat memukau. Bagaimana tidak, dalam satu kawasan wisatawan bisa melihat hutan hujan, savana, hingga pantai yang memesona. Kekayaan alam flora mau pun fauna banyak ditemukan di Baluran.

Taman Nasional Baluran ini sendiri bahkan disebut sebagai Taman Nasional di Afrika karena eksotisme kehidupan liar bercampur dengan alam membuat hidup traveler akan semakin bahagia, dan menenangkan.

Pesonanya juga semakin sempurna kala matahari mulai turun dari bumi. Momen ini bahkan banyak menarik antusias fotografer untuk mengabadikannya, pantulan cahayanya sungguh luar biasa.

Selain itu, kehidupan di bawah lautnya pun juga tak kalah indah. Anda akan menemukan biota laut yang cantik, dan terumbu karang berwarna warni sungguh memesona.

Dilansir dari berbagai sumber, untuk datang ke Baluran ini ada dua rute yang dapat dilalui wisatawan. Pertama jika Anda datang dari Bali, bisa menempuh perjalanan hingga 4 jam menggunakan mobil. Sedangkan turis yang menginap di Pasir Putih hanya perlu waktu sejam saja menuju Situbondo.