Salju merupakan hal yang digilai oleh penduduk negara tropis. Sangat dimaklumi karena negara tropis hanya memiliki dua musim. Jadi, ketika melihat salju para masyarakat yang tinggal di daerah garis Khatulistiwa merasa sangat bahagia. Tentu saja karena kemunculan salju merupakan hal yang langka atau barangkali hal yang mustahil. Benar begitu?

Namun belum lama ini sebuah video tentang Jakarta bersalju justru jadi viral karena diunggah oleh seorang pengguna twitter. "Cuma zaman Ahok jadi gubernur dan Jokowi jadi presiden Jakarta hujan salju," tulis akun @digembok.

Tentu saja hal ini menarik perhatian aparat kepolisian. Saat video ini beredar pada Sabtu (06/05) lalu, pihak laka lantas dan BMKG langsung melakukan investigasi. "Jadi setelah kami konfirmasi ke laka lantas nihil jawabannya tetapi ada berbentuk kayak busa. Kalau dikatakan salju, bukan," jelas Kepala Seksi Perhitungan Kerusakan BPBD DKI Jakarta dilansir dari merdeka.com.

Dugaan benda putih mirip salju yang ternyata adalah busa ini bisa jadi didasarkan pada hujan es yang mengguyur Bandung beberapa hari sebelumnya. Namun Corporate Secretary Division Head PT. MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah segera memberikan konfirmasi.

"Busa tersebut ditimbulkan oleh cairan sejenis sabun yang berguna sebagai pelicin untuk melunakkan tanah selama proses pengeboran terowongan MRT." Oleh sebab itu 'salju' tersebut hanya menumpuk di satu sisi jalan Sudirman saja.

Konon timbulnya 'salju' ini berkaitan dengan kelalaian petugas kontraktor yang lupa menutup kembali kran cairan tersebut. Meski demikian tak ada yang perlu dikhawatirkan sebab busa dari cairan MRT diketahui tak berbahaya atau berefek negatif jika disentuh.