Perkembangan zaman yang menuntut sumber daya manusia harus sejalan dengan teknologi yang kian maju di era informasi kini menjadi salah satu alasan pentingnya menjadi produktif dan tetap fit. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari akan pentingnya melakukan hal-hal yang sepele seperti memperbanyak konsumsi air mineral, berolahraga baik pagi maupun siang hari, serta menambah asupan gizi dari buah dan sayuran. Salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terkena penyakit adalah mata. Hampir semua pekerjaan yang dilakukan melibatkan kinerja mata. Namun, mata sangat mudah terkena iritasi dan tertular penyakit seperti saat iritasi akibat debu dan polusi, mata menjadi merah sehingga mengganggu aktivitas dan juga kepercayaan diri. Parahnya lagi, terdapat gangguan fungsi mata akibat mata merah. Kamu tentu pernah bahkan sering mengalami hal tersebut bukan? Ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan berikut:

1. Perbanyak konsumsi wortel

Kandungan betakaroten yang kaya akan vitamin A dapat membantu kinerja retina mata kamu lebih optimal. Semakin gelap warna wortel, semakin kaya pula vitamin A (carotenoid) dan mineral yang terkandung di dalamnya.

2. Leafy Greens untuk mencegah perburukan degenerasi makula

Sayuran berwarna hijau kaya akan anti-oksidan, lutein dan zeaxathin, yang mampu mengurangi resiko penyakit macular degeneration atau degenerasi makula.

3. Kuning telur

Mengejutkan, kuning telur yang seringkali terabaikan rupanya mengandung sumber utama lutein dan zeaxanthin plus zinc yang membantu meredakan risiko degenerasi makula pada mata. Hal terebut juga dinyatakan oleh Paul Doughtery, MD, Direktur Medis Doughtery Laser Vision di Los Angeles.

4. Buah Citrus dan Beri

Menurut penelitian AREDS (Age Related Eye Disease Study), vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat mencegah perburukan degenerasi makula. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan seperti citrus (jeruk) dan juga beri (stroberi, blueberry, raspberry dan cranberry). Jika kesulitan untuk menemukan buah-buahan tersebut, kamu juga bisa mengonsumsi buah lainnya yang juga kaya akan vitamin C seperti mangga, anggur, pepaya dan kiwi.

5. Kacang Almond

Menurut penelitian, vitamin E yang mampu mencegah perburukan degenerasi makula. Salah satu sumber vitamin E ialah kacang almond. Konsumsi 23 butir kacang almond dapat memenuhi separuh dari kebutuhan vitamin E yang kamu perlukan tiap hari.

Tidak kalah penting, tambahkan konsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sardine, kerang dan udang; serta konsumsi maqui berry dapat meringankan gejala mata kering. Omega 3 dapat merangsang produksi air mata, menjaga stabilitas air mata dan juga membantu mencegah proses peradangan.

Selain dengan mengkonsumsi beberapa makanan di atas, kamu juga perlu melakukan pencegahan sejak dini dengan perawatan dari luar. Tetes mata Insto dapat digunakan setiap saat dan dibawa ke manapun karena kemasannya yang mungil dan praktis. Cukup dengan satu tetes di setiap mata, kamu akan terhindar dari iritasi dan kemerahan pada mata.